PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) SMK KELAS KELAS X

WARDA ‘AISYAH, 1720416356 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) SMK KELAS KELAS X. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) SMK Kelas X” ini ditulis oleh Warda ‘Aisyah, NIM 17204163256, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Multiple Intelligence, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV), Hasil Belajar Minimnya sumber media belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini merujuk pada hasil pengumpulan data yang dilakukan pada sekolah menengah kejuruan. Sekolah hanya menyediakan satu sumber media belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan banyak siswa yang merasa kesulitan dan kurang dalam memahami pembelajaran matematika. Hal ini berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Seiring perkembangan zaman pada dunia pendidikan, maka diperlukan pembaruan terhadap media belajar dan inovasi dalam melaksanakan proses pendidikan sesuai dengan kecerdasan siswa. Oleh karena itu, peneliti berinovasi untuk membuat media belajar sesuai dengan kecerdasan siswa di kelas yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar yaitu LKPD berbasis Multiple Intelligence. Multiple Intelligence atau kecerdasan majemuk merupakan teori yang dikembangkan oleh Howard Gardner yang merupakan sifat alami manusia dengan berbagai keterampilan dan bakat yang dimiliki seseorang untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Multiple Intelligence terbagi menjadi 9 kecerdasan yang dimiliki oleh manusia diantaranya kecerdasan linguistik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan logis matematis, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersoanl, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan eksistensial. Pada materi SPLTV, kecerdasan dasar yang digunakan adalah kecerdasan verbal, kecerdasan logis, dan kecerdasan interpersonal. Dalam LKPD ini siswa akan berperan aktif dalam penggalian dan penerapan pengetahuan. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligences dalam meningkatkan hasil belajar materi sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) SMK kelas X., 2) Untuk menganalisis tingkat keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple intelligences dalam meningkatkan hasil belajar materi sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) SMK kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Subjek yang dijadikan penelitian adalah siswa kelas X-TKI 3 di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang diperoleh selanjutnya, dianalisis menggunakan teknik analisis validasi, dan keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh 1) Proses pengembangan media belajar sebagai berikut: pengumpulan data, perencenaan,pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan. 2) Lembar kerja peserta didik yang dihasilkan dari pengembangan ini dinyatakan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran dikarenakan telah memenuhi kriteria valid dan efektif menurut hasil validasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1720416356 WARDA ‘AISYAH
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:47
Last Modified: 19 Jul 2021 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20034

Actions (login required)

View Item View Item