PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR

MAHBUB AHMAD FATHORI MUNIR, 12201173293 (2021) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul”Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar”. Ditulis oleh Mahbub Ahmad Fathori Munir, NIM 12201173293, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Syamsu Ni'am, M.Ag. NIP 197302142000031001 Kata Kunci : Reward, Punishment, Minat Belajar Minat belajar merupakan keinginan dari dalam pribadi seseorang untuk memperhatikan, mengetahui, mempelajari maupun membuktikan lebih lanjut materi yang diajarkan tanpa ada paksaan. Reward (Penghargaan) danPunishment (Hukuman) adalah bentuk motivasi eksternal yang berasal dari teoribehavioristik. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru bisa menggunakan metode reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) untuk memacu minat belajar siswa. Reward diberikan karena siswa berprestasi, sedangkan punishment diberikan karena siswa melakukan pelanggaran. Dengan adanya kedua metode tersebut diharapkan siswa tidak bosan dalam kegiataan belajar serta menjaga Minat belajar, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar?, (2) Adakah pengaruh pemberian punishment terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar? (3)Adakah pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar, (2) Untuk mengetahui Pengaruh pemberian punishment terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar 3, (3) Untuk mengetahui Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka serta analisis datanya menggunakan statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrument skala likert. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan cara ordinal diambil 20% dari jumlah populasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap minat belajar siswa baik secara parsial maupun secara stimultan. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara reward terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar. Hal ini dapat dilihat dari nilai =2,733 > =1,671yaitu pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara punishmnet terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar. Hal ini dapat dilihat dari nilai=1,705 > =1,671yaitu pada taraf

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173293 Ahmad
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:20
Last Modified: 19 Jul 2021 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20036

Actions (login required)

View Item View Item