PERAN ORGANISASI IPNU-IPPNU DALAM MEMBINA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PELAJAR DI DESA SAMBIROBYONG KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUHAMMAD SHOIR HUSNUDIN, 17201163205 (2020) PERAN ORGANISASI IPNU-IPPNU DALAM MEMBINA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PELAJAR DI DESA SAMBIROBYONG KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Organisasi IPNU-IPPNU dalam Membina Pendidikan Karakter bagi Pelajar di desa Sambirobyong kecamatan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhmmad Shoir Husnudin, NIM. 17201163205, pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Peran Organisasi IPNU-IPPNU, Pendidikan Karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya kemerosotan moral yang disebabkan oleh dampak negatif globalisasi. Dampak tersebut berimbas kepada rusaknya karakter pelajar di Indonesia. Jika tidak ditanamkan nilai-nilai pentingnya berkarakter yang ada dapat mengakibatkan hilangnya jatidiri bangsa Indonesia. Organisasi IPNU-IPPNU di desa Sambirobyong sebagai alternatif pendidikan nonformal juga melibatkan diri dalam membina pendidikan karakter pelajar. Pelaksanaan pendidikan karakter tidak hanya di sekolah formal, akan tetapi juga dilaksanakan pada pendidikan nonformal. Penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1.) Bagaimana peran organisasi IPNU-IPPNU dalam membina pendidikan karakter bagi Pelajar di desa Sambirobyong kecamatan Sumbergempol Tulungagung? (2.) Apa faktor pendukung dan penghambat peran organisasi IPNU-IPPNU dalam membina pendidikan karakter bagi Pelajar di desa Sambirobyong kecamatan Sumbergempol Tulungagung? (3) Strategi apa yang ditempuh untuk mengatasi faktor penghambatperan organisasi IPNU-IPPNU dalam membina pendidikan karakter bagi Pelajar di desa Sambirobyong kecamatan Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu:(1.) Peran organisasi IPNU-IPPNU dalam membina pendidikan karakter bagi pelajar adalah sebagai berikut: a. Pembinaan karakter religius, yaitu dengan melaksanakan kegiatan: 1.) Pendalaman Aswaja 2.) istighotsah dan doa bersama 3.) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Peringatan Isra‟ Mi‟raj, Peringatan Tahun Baru Hijriyyah, Peringatan Hari Santri Nasional 4.) Ziarah Makam 5.) Majelis Shalawat. b. Pembinaan karakter tanggung jawab, yaitu dengan melaksanakan kegiatan: 1.) Pendataan Berkala 2.) MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota) 3.) Rapat Anggota. c. Pembinaan karakter kepemimpinan, yaitu dengan melaksanakan kegiatan: 1.) Diklat Kepemimpinan 2.) Membentuk Panitia Kegiatan. (2.) Faktor pendukung dan penghambat peran organisasi IPNU-IPPNU dalam membina pendidikan karakter bagi pelajar: a. Faktor Pendukung: 1.) Dukungan orangtua 2.) Masyarakat 3.) Lingkungan 4.) Teknologi b. Faktor Penghambat: 1.) Managerial waktu 2.) Kurangnya motivasi untuk mengikuti IPNU dan IPPNU. (3.) Strategi yang ditempuh untuk mengatasi faktor penghambat peran organisasi IPNU-IPPNU dalam membina pendidikan karakter bagi Pelajar di desa Sambirobyong kecamatan SumbergempolTulungagungadalah: a. Strategi pendekatan individu dan kelompok b. Strategi keteladanan c. Diskusi dankajian ilmiah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163205 MUHAMMAD SHOIR HUSNUDIN
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:59
Last Modified: 06 Sep 2021 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20064

Actions (login required)

View Item View Item