PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA KELAS XII DI MA AL HIKMAH LANGKAPAN BLITAR

DEWI FATIMATUR ROHMAH, 12201173024 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA KELAS XII DI MA AL HIKMAH LANGKAPAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kontrol diri Siswa Kelas XII Di MA Al Hikmah Langkapan Blitar”, ini ditulis oleh Dewi Fatimatur Rohmah, NIM 12201173024. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh bapak Suwanto, M.S.I Kata kunci Peran, Kontrol diri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa banyak sekali kasus kenakalan remaja saat ini. Dalam hal ini peneliti menghubungkan peran guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan kontrol diri siswa. Kontrol diri merupakan usaha atau kemampuan seseorang dalam mengendalikan dirinya sendiri terhadap dampak negatif dari lingkungan sekitarnya. Macam-macam kontrol diri dibagi menjadi tiga yang terdiri dari aspek kontrol kognitif, kontrol perilaku, dan kontrol dalam mengambil keputusan. Hasil obsevasi di MA Al Hikmah Langkapan Blitar ini guru lebih meningkatkan aspek tersebut dan di MA Al Hikmah Langkapan Blitar lebih membutuhkan kontrol diri dari ketiga aspek Kontrol kognitif, kontrol perilaku, dan kontrol dalam mengambil keputusan. Dengan demikian peneliti mengambil rumusan masalah tentang aspek Kontrol kognitif, kontrol perilaku dan kontrol dalam mengambil keputusan. Seorang pendidik memiliki peran yang sangat penting meliputi sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan evaluator. Seorang pendidik diharapkan mampu meminimalisir dari dampak yang tidak baik dari hasil modernisasi dan berkembangnya zaman pada masa saat ini maupun masa yang akan datang. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaiamanakah peran guru Pendidikan Islam dalam meningkatkan kontrol kognitif ? 2) Bagaiamanakah peran guru Pendidikan Islam dalam meningkatkan kontrol perilaku ? 3) Bagaiamanakah peran guru Pendidikan Islam dalam peran meningkatkan kontrol dalam mengambil keputusan ? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Islam dalam meningkatkan kontrol kognitif. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Islam dalam meningkatkan kontrol perilaku 3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Islam dalam peran meningkatkan kontrol dalam mengambil keputusan. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi karena didasarkan oleh kejadian yang ada disekitar atau fenomena yang ada disekitar kita. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai partidipatif aktif di MA Al Hikmah Langkapan Blitar. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru pendidikan agama islam dan siswa kelas 12 MA Al Hikmah Langkapan Blitar serta sumber data sekunder yang meliputi materi tambahan dari buku dan jurnal jurnal penelitian-penelitian terdahulu yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Agar data akurat dilakukan pengecekan data menggunakan trianggulasi, perpanjangan penelitian dan pembahasan teman sejawat. Secara keseluruhan tahap penelitian ini melalui pengumpulan data, analisis data dan pengecekan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat disimpulkan bahwa peran yang dilakukan guru dalam hal meningkatkan kontrol diri siswa yaitu. membuat materi semenarik mungkin, memberi tugas lengkap dengan waktu yang telah disepakati dan memberikan motivasi agar siswa semangat dalam belajar, bagaimana menerapkan hukuman ketika melanggar tata tertib, pembiasaan salat dhuha serta dengan memilih keputusan tentang suatu permasalahan diantara 2 pilihan, memilih bekerja atau memilih melanjutkan kuliah disuatu perguruan tinggi. .

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173024 DEWI FATIMATUR ROHMAH
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:35
Last Modified: 26 Jul 2021 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20075

Actions (login required)

View Item View Item