PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CERMIN CEKUNG SISWA KELAS VIII MTs SWASTA SE-KECAMATAN KARANGGENENG

RIRIN RISMAWATI, 12211173045 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CERMIN CEKUNG SISWA KELAS VIII MTs SWASTA SE-KECAMATAN KARANGGENENG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (408kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelarjaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cermin Cekung Siswa Kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Karanggeneng” ini ditulis oleh Ririn Rismawati, NIM. 12211173045, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd Kata Kunci : Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang memperhatikan saat guru mengajar dan siswa beranggapan mata pelajaran fisika sulit terutama dalam memahami dan menghafal rumus-rumusnya. Hal tersebut menandakan bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika sangatlah kurang. Selain itu, hasil belajar siswa juga cukup rendah. Dibuktikan dengan nilai yang didapat siswa ketika mengerjakan soal fisika cukup rendah karena kurangnya pemahaman siswa pada soal dan ketika menyelesaikan soal secara matematis dengan menggunakan rumus. Pada mata pelajaran fisika siswa mengalami kesulitan pada materi cermin cekung yaitu pada pembahasan sinar istimewa dan menyelesaikan soal dengan menggunakan rumus. Model pembelajaran discovery learning dipilih dan digunakan sebagai alternatif karena mempunyai beberapa kelebihan yaitu memberi kebebasan kepada siswa agar terlibat aktif didalam menemukan konsep dan pengetahuan, mengembangkan kreatifitas melalui kegiatan praktikum dan memberikan kesempatan untuk melatih kemampuan berpikir. Maka diharapkan dapat merubah motivasi belajar dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi cermin cekung siswa kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Karanggeneng. (2) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi cermin cekung siswa kelas VIII MTs Swasta SeKecamatan Karanggeneng. (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi cermin cekung siswa kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Karanggeneng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang diguanakan adalah eksperimen. Desain eksperimen yang dipilih pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Bentuk desain Quasi Eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Karanggeneng tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 477 siswa. sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII A MTs Darul Hikam sebagai kelas kontrol dan kelas MTs Darul Hikam sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu (1) Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas). (2) Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas). (3) Uji Hipotesis (Uji N-Gain Score, Uji T dan Uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi cermin cekung siswa kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Karanggeneng dengan perolehan hasil Uji T menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan H 0 ditolak dan H

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211173045 RIRIN RISMAWATI
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:49
Last Modified: 30 Jul 2021 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20132

Actions (login required)

View Item View Item