PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN ICT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI MTS AL HIDAYAT GINUK KARAS MAGETAN

NINA NIHLATUN NAFI’AH, 12204173025 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN ICT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI MTS AL HIDAYAT GINUK KARAS MAGETAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan ICT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di MTs Al Hidayat Ginuk Karas Magetan” ini ditulis oleh Nina Nihlatun Nafi’ah, NIM. 12204173025, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Learning Cycle 7E, ICT, Pemecahan Masalah Matematika merupakan ilmu yang dianggap sulit bagi kebanyakan siswa, apalagi dalam pemecahan masalah, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika karena mereka menganggap matematika membosankan, berhubungan dengan banyaknya angka dan rumus-rumus. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Model learning cycle 7E Berbantuan ICT merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan cara belajar dan mengembangkan daya nalar siswa. Model pembelajaran learning cycle 7E memiliki rangkaian suatu tahapan-tahapan kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan ICT. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperatif learning STAD. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan ICT terhadap kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang sisi lengkung di MTs Al Hidayat Ginuk Karas Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Dalam mengambil sampel digunakan teknik simple random sampling dengan sampel kelas IX B sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebanyak 23 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yaitu dokumentasi dan tes serta analisisnya menggunakan analisis deskriptif dan uji t untuk membuktikan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan ICT memperoleh rata-rata 75,114 dan berada pada katagori kelas baik. (2) Kemampuan pemecahan masalah pada kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif learning STAD memperoleh rata-rata 65,022 dan berada pada katagori kelas baik. (3) Ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan ICT terhadap kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang sisi lengkung di MTs Al Hidayat Ginuk Karas Magetan, hal ini dibuktikan bahwa nilai �ℎ����� > ������ atau 2,164 > 2,016 pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204173025 NINA NIHLATUN NAFI’AH
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:57
Last Modified: 30 Jul 2021 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20142

Actions (login required)

View Item View Item