MANAJEMEN PROGRAM LIFE SKILLS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR DAN MADRASAH ALIYAH MA’ARIF UDANAWU BLITAR

IRMA FITRIA, 12501184009 (2020) MANAJEMEN PROGRAM LIFE SKILLS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR DAN MADRASAH ALIYAH MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (829kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Irma Fitria, NIM. 12501184009. 2020. “Manajemen Program Life Skills dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Madrasah Aliyan Negeri Kota Blitar dan Madrasah Aliyah Maarif Udanawu Blitar”. Tesis Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Program Pascasarjana (S-2) IAIN Tulungagung dibawah bimbingan Dr. H. Nur Effendi, M.Ag dan Dr. H. Imam Junaris, M.Pd.I. Kata kunci : life skills, keterampilan, kompetensi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kelemahan mendasar dari pendidikan Madrasah Aliyah yaitu kurangnya memperhatikan pendidikan sains, keterampilan dan teknologi. Apalagi dunia kerja mensyaratkan keterampilan dalam bekerja. Kementerian Agama sebagai pembina madrasah telah mengambil dan melaksanakan berbagai kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dilaksanakannya program pendidikan keterampilan (vocational life skills) yang bertujuan membekali peserta didik untuk siap bekerja dan mampu menciptakan usaha sendiri (mandiri), memberi dorongan kepada mereka/alumni dari sikap pencari kerja menjadi mencipta kerja. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan program life skills dalam meningkatkan kompetensi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar dan Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan program life skills dalam meningkatkan kompetensi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar dan Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar? (3) Bagaimana pengawasan program life skills dalam meningkatkan kompetensi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar dan Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar? (4) Bagaimana evaluasi program life skills dalam meningkatkan kompetensi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar dan Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar? Tesis ini bermanfaat untuk memberikan khazanah keilmuan teori-teori dan konsep tentang manajemen program life skills dalam meningkatkan kompetensi siswa di madrasah aliyah serta memberikan bahan pertimbangan untuk manajemen madrasah dalam menentukan kebijakan yang berorientasi kepada pengembangan dan peningkatan kualitas program. Metode penelitian yang digunakan : (1) Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldnote) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, (2) Kehadiran peneliti di lapangan adalah suatu keharusan yang berfungsi sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah adalah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar dan Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar, (4) Sumber data penelitian dibagi menjadi empat; people (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumen). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data, (5) Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi, (6) Peneliti menganalisa data dengan analisis kasus tunggal yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah analisis lokasi tunggal, dilakukan analisis dua lokasi, (7) Untuk memeriksa validitas data, peneliti melakukan perpanjangan waktu penelitian, triangulasi, mengumpulkan banyak referensi, mengkaji ulang data yang akan dibuktikan dan melakukan klarifikasi kepada para informan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa : (1) Perencanaan program life skills (keterampilan) dilakukan dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran meliputi program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), mempersiapkan kompetensi metodologi dan teknis tenaga pengajar atau guru keterampilan, pengecekan sarana prasarana termasuk menyiapkan peralatan dan lab yang akan digunakan, serta mempersiapkan siswa yang akan mengikuti program keterampilan dengan seleksi peminatan program keterampilan. (2) Pelaksanaan program life skills (keterampilan) di MAN Kota Blitar dan MA Maarif Udanawu Blitar dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam dan diikuti oleh siswa kelas 10, 111 dan 12 dengan menggunakan sistem moving class, dengan alokasi waktu 6 jam pelajaran per minggu, dilaksanakan dengan porsi teori 30%, praktek 70%. Evaluasi berupa tes tulis seperti ulangan harian, akhir semester dan akhir tahun dan tes praktek yang menilai proses kegiatan siswa belajar di lab hingga menciptakan produk jadi. Tindak lanjut dari proses pelaksanaan program keterampilan adalah dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) berupa kegiataan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Balai Latihan Kerja (BLK) berupa kegiatan pemagangan atau sertifikasi keahlian. (3) Pengawasan program life skills (keterampilan) di MAN Kota Blitar dan MA Maarif Udanawu Blitar dilaksanakan dengan sistem pengawasan intern dan ekstern. (4) Evaluasi program life skills (keterampilan) di MAN Kota Blitar dan MA Maarif Udanawu Blitar dilaksanakan dari manajemen internal madrasah dilakukan sebagai tindak lanjut dari monitoring internal kepala madrasah dan waka kurikulum terhadap guru keterampilan. Bentuk konkret dari hasil evaluasi adalah instrumen isian monev (monitoring dan evaluasi) dari Dirjen Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501184009 IRMA FITRIA
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:53
Last Modified: 02 Aug 2021 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20149

Actions (login required)

View Item View Item