PENGARUH PEMBERIAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMAN 2 TRENGGALEK

ATIKA TRI WIJAYANTI, 12204173235 (2021) PENGARUH PEMBERIAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Trigonometri di SMAN 2 Trenggalek.” Ditulis oleh Atika Tri Wijayanti NIM. 12204173235, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungangung, pembimbing bapak Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Soal Tipe HOTS dan Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya konsep matematika yang kurang dipahami oleh siswa sehingga berdampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Masih banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan soal matematika dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, berbeda dari contoh soal yang ada di buku, maupun yang diberikan oleh guru. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai ulangan harian kelas X-MIPA 5. Dimana jumlah siswa yang telah memenuhi KKM memiliki persentase kurang dari 70% total siswa. Oleh karena itu perlu adanya pembiasaan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal non rutin. Salah satunya dengan pemberian soal yang lebih bervariasi, seperti soal bertipe HOTS. Soal dengan tipe HOTS dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, logis, sistematis, serta memiliki sikap pantang menyerah untuk menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian soal tipe higher order thinking skills (HOTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi trigonometri di SMAN 2 Trenggalek. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian soal tipe higher order thinking skills (HOTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi trigonometri di SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dengan kelas X-MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X-MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh pemberian soal tipe higher order thinking skills (HOTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi trigonometri di SMAN 2 Trenggalek. 2) Besar pengaruh pemberian soal tipe higher order thinking skills (HOTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi trigonometri di SMAN 2 Trenggalek adalah sebesar 93,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173235 ATIKA TRI WIJAYANTI
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:14
Last Modified: 15 Nov 2021 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20176

Actions (login required)

View Item View Item