MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

DANDIK RAMADANI, 12207173016 (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung”, ini ditulis oleh Dandik Ramadani, NIM 12207173016, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Non Akademik Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Manajemen kesiswaan sangat penting bagi setiap Lembaga Pendidikan, baik Lembaga Pendidikan yang sudah maju maupun Lembaga Pendidikan yang masih dalam proses pengembangan. Siswa harus dikelola dengan baik melalui kegiatan-kegiatan kesiswaan yang diberikan. Dimana tujuan dari kegiatan kesiswaan adalah sebagai wadah untuk menampung minat bakat siswa dan meningkatkan kemampuan serta prestasinya. Untuk meningkatkan prestasi siswa, maka dibutuhkan manajemen kesiswaan yang baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, (3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Sumber data yang diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan guru pembina ekstrakurikuler. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan pengujian derataj kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan konfirmasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan kegiatan kesiswaan terdiri dari (a) perencanaan diawali dengan rapat koordinasi kepala sekolah, waka kesiswaan, dan guru pembina ekstra, (b) melakukan analisis untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam melaksanakan program, (c) program kegiatan kesiswaan mengacu pada Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013, (d) dalam merencanakan melibatkan seluruh elemen sekolah, (e) kegiatan ekstrakurikuler diambil dari edaran atau angket yang diberikan kepada siswa. (2) Pelaksanaan kegiatan kesiswaan terdiri dari (a) pelaksanaan kegiatan kesiswaan mengacu pada Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan, (b) kegiatan kesiswaan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan serta sebagai wadah mengembangkan minat dan bakat siswa, (c) memberikan orientasi atau pengenalan kepada siswa tentang kegiatan kesiswaa, (d) melakukan pengelompokan sesuai dengan bakat minat siswa untuk mempermuda pembinaan. (3) Evaluasi kegiatan kesiswaan terdiri dari (a) setiap pembina memberikan hasil evaluasi kegiatan kepada waka kesiswaan, (b) setiap pembina memberikan masukan terhadap capaian-capain siswa, (c) memberikan reward kepada siswa, (d) menentukan kriteria atau tolak ukur keberhasilan untuk mengetahui ketercapaian tujuan, (e) menindak lanjuti hasil dari evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173016 Dandik Ramadani
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:42
Last Modified: 12 Nov 2021 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20212

Actions (login required)

View Item View Item