LUTFIA YULIANI, 12201173116 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI MA NURUL ULUM MUNJUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (694kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Selama Masa Pandemi Covid 19 Di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek “ yang ditulis oleh Lutfia Yuliani, NIM 12201173116, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung tahun 2021 dibimbing oleh Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Karakter, Pandemi Covid 19 Pada masa pandemi covid 19 semua sistem pembelajaran di seluruh Indonesia melakukan sistem daring atau online, hal ini dikarenakan dari pemerintah sudah memberikan peraturan bahwasanya semua sistem pempelajaran tidak boleh dilakukan secara tatap muka sedangkan pada masa sebelum covid 19 semua sistem kegiatan dilakukan secara langsung hal ini menjadi pengalaman baru bagi setiap instasi pendidikan. Begitu pula sistem pembelajaran di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek yang mana sistem pembelajaran dilakukan secara daring, semua pembelajaran dilakukan di rumah siswa dan guru masing-masing. Hal ini dikarenakan tidak boleh adanya kerumunan serta jaga jarak. Oleh sebab itu menjadi pengalaman dan permasalah baru bagi pihak sekolah dalam hal pembentukan karakter siswa khususnya guru akidah akhlak. Guru akidah akhlak di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tidak dapat mengawasi perilaku siswa sehari-hari sehingga sedikit sulit dalam pembentukan karakter siswa. Karena pada hakekatnya karakter mudah dibentuk dengan cara bertatap langsung dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui Pelaksanaan strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa selama masa pandemi Covid 19 di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa selama masa pandemic covid 19 di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa selama masa pandemi covid 19 di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang mana hasil dari penelitian berupa narasi atau cerita yang didapatkan dari lokasi penelitian yang mana data tersebut berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya terdiri darui data primer dan data skunder. Data Primer adalah data yang diperoleh secara langsung di MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek sedangkan data skunder adalah data pendukung yang diperoleh dai MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek. Analisis datanta berasal dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini peneliti menggunkana pengecekan keabsahan dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneneliti dalam penelitian kualitatif keikutsertaan peneliti sangat dibutuhkan karena peneliti termasuk instrument utama kemudian tujuan dari perpanjangan keikutsertaan ini yaitu untuk mengumpulkan datadata yang masih kurang, ketekunan pengamatan dalam hal ini peneliti melakukan penelitian dengan cermat, tekun dan berkesinambungan sehingga menghasilkan data yang valid dan triangulasi adalah membandingan dari berbagai sumber data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mendapatkan kesimpulan yaitu 1) pelaksanaan strategi ynag dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yaitu dengan cara memberikan himbauan yaitu himbauan untuk memiliki karakter yang baik walaupun berada dirumah contohnya yaitu membantu kedua orang tua, memberikan dorongan dan motivasi setiap awal pembelajaran hal ini bertujuan supaya siswa selalu semangat dalam melakukan proses pembelajaran, mengingatkan siswa untuk sholat dan membaca Al-qur’an hal ini dilakukan untuk meningkatkan karakter religius, memberikan tugas untuk membuat peta konsep yang terkait materi yang sudah diberikan oleh guru supaya siswa berkeinginan untuk membaca materi, mebrikan uswatun khasanah hak ini dicontohkan dengan bertutur kata yang sopan terhadap setiap siswa, memberikan penugasan untuk mengambar pohon kemudian menjelaskan bagian-bagian pohon guna untuk meningkatkan kreatifitas siswa, memberikan deadline setiap penugasan, mendasari siswa terkait akidah dan akhlak mendasari bahwasanya Alloh selalu mengawasi manusia, terjun langsung ke keluarga siswa untuk memantau konsisi siswa dirumah. 2) Faktor pendorongnya yaitu adanya kerjasama dengan orang tua peran ini sangat penting karena selama masa pandemi ini siswa lebih bayak menghabiskan dengan orang tua, faktor lingkungan yang baik, Pihak sekolah yang membantu dalam pembentukan karakter contohnya dengan memberikan peraturn-peraturan, pergaulan atau teman siswa yang baik dan faktor media massa yang mana siswa dapat mengakses semua informasi. 3) Faktor penghambatnya yaitu keluarga siswa yang pro kontra untuk membantu proses pembentukan karakter siswa, lingkungan siswa yang buruk, salah pergaulan sehingga siswa mengikuti pergaulan teman yang lain, siswa yang tidak bisa menyaring informasi media massa dengan baik, pengaruh sinyal yang kurang baik karena tidak semua siswa jangkaun sinyalnya mudah dan kurangnya kesadaran pada diri siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173116 LUTFIA YULIANI |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 03:39 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20217 |
Actions (login required)
View Item |