MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG

NOVIA DEWI LESTARI, 12207173032 (2021) MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kurikulum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTsN 2 Tulungagung” iniditulis oleh Novia Dewi Lestari, NIM: 12207173032. 2020. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, di bimbing oleh Dr.Hj. Indah Komsiyah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci:Manajemen,Kurikulum, Hasil Belajar Peningkatan hasil belajar merupakan hasil yang dicapai siswa setelah melakukan proses belajar mengajar. Hasil belajar biasanya ditunjukan dengan nilai angka sebagai laporan hasil belajar peserta didik kepada orang tuanya. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal, salah satunya yaitu melalui aspek kurikulum. Kurikulum menjadi suatu hal yang penting bagi lembaga pendidikan karena menjadi salah satu komponen pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di MTsN 2 Tulungagung yaitu dengan mengguakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan siswa, keadaan lingkungan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknoogi yang dintegrasikan dengan nilai-nilai Islam serta terdapat program tambahan keIslaman yaitu pembiasaan ubudiyah dan program kitab kuning. Hal inidiharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan mendukung peserta didikdalam mengembangkan kemampuannya yang memiliki implikasi pada pencapaianoutput yang lebih optimal. Hal inilah yang membuat peneliti merasa tertarik untukmenelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan kurikulum untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung, (2) bagaimana pelaksanaan kurikulum untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung, (3) bagaimana evaluasi kurikulum untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 2 Tulungagung Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) perencanaan kurikulum dilakukan dengan: Perencanaan kurikulum dilakukan dengan: a) adanya workshop EDM (Evaluasi Diri Madrasah) dan RKM (Rencana Kerja Madrasah) dengan melibatkan tenaga pendidik dan kependidikan, komite sekolah serta mengundang pengawas dan narasumber untuk bersosialisasi terkait perangkat pembelajaran. b)rapat koordinasi. c) merencanakan kurikulum bersama MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). d) program tambahan kurikulum (kitab kuning dan ubudiyah). (2) pelaksanaan kurikulum dilaksanakan sesuai dengan kurikulum nasional dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman selain dalam proses pembelajaran, terdapat pembiasaan ubudiyah dan program kitab kuning dimana semua siswa diwajibkan untuk mengikutinya dengan sistem pembelajaran memaknani dan juga membacanya atas bimbingan dari ustadzahnya. Serta terdapat pengecekan kesiapan guru melalui pengecekan perangkat pembelajaran oleh kepala madrasah dan absensi guru, strategi yang dilakukan kepala madrasah agar guru dapat merealisasikan kurikulum. Pemanfaatan sarana dan prasana yang menunjang proses pembelajaran. (3) evaluasi kurikulum melalui EDM (Evaluasi Diri Madrasah) yang dilakukan pada setiap memasuki tahun ajaran baru, pengecekan kesiapan guru seperti RPP oleh kepala madrasah, supervisi kepala madrasah pada proses pembelajaran, evaluasi formatif dan sumatif yang hasilnya dimasukkan ke dalam rapor, prestasi akademik dan non akademik, sikap religius peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207173032 Novia Dewi Lestari
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:54
Last Modified: 09 Aug 2021 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20226

Actions (login required)

View Item View Item