KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG

LAILATUL FITRIA, 12207173006 (2021) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 2 Tulungagung”, ini ditulis oleh Lailatul Fitria NIM.12207173006. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag. M.Pd., NIP.19760518 200701 2 021. Kata Kunci : Kompetensi Manajerial, Profesionalisme Guru, Madrasah Kemampuan manajerial sangatlah penting dan harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Hal ini dimaksudkan agar kepala madrasah mampu mengelola sumber daya manusia melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan terutama dalam kaitanya dengan keprofesionalan guru. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu dengan mengikutsertakan guru dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan, tidak membatasi komunikasi dengan semua warga sekolah termasuk guru selaku bawahannya dan bahkan kepala madrasah senantiasa mengarahkan guru untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan yang akan diajarkan dengan kreatif dan inovatif sehingga siswa yang akan dijarnya tidak merasa bosan dan lebih nyaman sehingga nantinya dapat menghasilkan output siswa yang berkualitas. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 2 Tulungagung ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 2 Tulungagung? 3) Bagaimana Evaluasi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 2 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Perencanaan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 2 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 2 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui Evaluasi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MTsN 2 Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan diperkuat dengan dokumentasi. Serta Analisis datanya menggunakan pola interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, bahan referensi dan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 2 Tulungagung adalah dengan melibatkan semua guru beserta karyawan untuk memberikan keleluasaan berpendapat dan berpedoman pada visi dan misi madrasah serta kepala madrasah memiliki gagasan untuk mengikutsertakan guru pada kegiatan pelatihan dan pembinaan terutama dalam bidang keprofesionalan. 2) Pelaksanaan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 2 Tulungagung adalah dengan mengikutsertakan guru dalam kegiatan pembinaan yang berupa diklat, seminar, workshop, bimbingan tehnologi dan MGMP. Kemudian kepala madrasah juga menyediakan berbagai fasilitas guna sebagai penunjang untuk mempermudah guru meningkatkan kemampuannya terutama dalam bidang IT. 3) Evaluasi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 2 Tulungagung adalah mengamati dan memantau guru secara langsung melalui kunjungan kelas, kehadiran guru dan menggunakan metode supervisi dengan membuat lembar format penilaian untuk menilai kinerja guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207173006 Lailatul Fitria
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:46
Last Modified: 09 Aug 2021 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20227

Actions (login required)

View Item View Item