REFANDA SEKAR KINASIH, 12204173090 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII DI MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (913kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (784kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (260kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (464kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (305kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Google Classroom terhadap Hasil Belajar Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Refanda Sekar Kinasih, NIM. 12204173090, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing Nur Cholis, S. Pd.I., M. Pd. Kata Kunci:Model Pembelajaran Problem Solving, Media Google Classroom, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Google Classroom terhadap Hasil Belajar Materi Lingkaran Kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar pada pelajaran matematika peserta didik. Salah satunya dari faktor model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran guru harus bisa menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai agar mudah dalam menyampaikan materi pada masa pandemic Covid-19. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah model pembelajaran problem solving. Model pembelajaran problem solving adalah suatu strategi pembelajaran dengan menggunakan penyelesaian masalah yang bersifat terbuka sehingga mampu mendorong siswa berpikir kreatif. Selain itu, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu media google classroom. Media google classroom adalah media pembelajaran online yang dapat digunakan dimana saja sehingga memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran tanpa bertemu langsung. Dengan model dan media pembelajaran ini, diharapkan hasil belajar siswa meningkat dan proses pembelajaran tetap berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media google classroom terhadap hasil belajar materi lingkaran siswa kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media google classroom terhadap hasil belajar materi lingkaran siswa kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Teknik untuk mengambil sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen VIIIA dan VIII B kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Tes, 2) Dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji-t dan uji n-gain.Dari hasil uji t (independent sample t) diperoleh hasil belajar kelas VIII A ; VIII B (
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173090 REFANDA SEKAR KINASIH |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 03:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20261 |
Actions (login required)
View Item |