LUTFIYA KHOIRUN NISA’, 12201173143 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK .pdf Download (332kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (649kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (305kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ngantru Tulungagung” yang ditulis oleh Lutfiya Khoirun Nisa’, NIM. 12201173143, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa masih banyak kita jumpai siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Banyak siswa yang menganggap bahwa materi yang mereka pelajari membosankan dan sulit untuk dipahami. Banyak solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu salah satunya dengan menerapkan berbagai macam model pembelajaran. pemilihan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangatlah diperlukan. Fokus Penelitian adalah 1) Bagaimana perencanaan implementasi model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Ngantru Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Ngantru Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi implementasi model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Ngantru Tulungagung? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan perencanaan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. (2) Untuk Mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. (3) Untuk Mendeskripsikan evaluasi Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya dari Guru PAI, Kepala Sekolah, dan Peserta didik. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian ini, (1) perencanaan penerapan model pembelajaran coperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada matapelajaran PAI yang tersusun dalam perangkat pembelajaran yaitu silabus, RPP, Prota, Promes, Jurnal Mengajar, dan Jurnal Penilaian. guru juga mempersiapkan membuat kelompok diskusi. Dalam setiap kelompok terdiri dari beberapa siswa. Terdiri dari siswa yang aktif dan siswa yang kurang aktif. (2) pelaksanaan implementasi model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI yaitu dengan membuat kelompok, guru membagai 5-6 kelompok pada setiap kelas. setiap kelompok diberikan materi untuk didiskusikan dengan kelompoknya. Setelah diterapkan model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran PAI motivasi belajar siswa meningkat. (3) Evaluasi dilakukan dengan cara observasi dan praktik. Evaluasi biasanya dilakukan 1 kali pada tiap pertemuan. Untuk evaluasi peserta didik diadakan setiap pertemuan yaitu setelah proses pembelajaran selesai. Guru memberikan hadiah kepada kelompok / peserta didik yang hasilnya pekerjaannya baik. Dan untuk kelompok / peserta didik yang hasilnya pekerjaannya kurang baik akan diberi tugas tersendiri. Adanya penghargaan dan peringatan kepada peserta didik yaitu untuk memberikan semangat kepada peserta didik agar mereka tetap semangat dalam belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173143 LUTFIYA KHOIRUN NISA’ |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 06:22 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 06:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20300 |
Actions (login required)
View Item |