ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD/MI TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA TAHUN 2018

SITI CHALIMAH, 12205173009 (2021) ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD/MI TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA TAHUN 2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Siti Chalimah, 12205173009, Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Kurikulum 2013 Terbitan Erlangga Tahun 2018. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata kunci: Kelayakan Isi, Buku Tematik, Kurikulum 2013 Analisis ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian materi dengan standar kelayakan isi buku teks tematik yang telah ditetapkan BSNP. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013. Buku dari penerbit Erlangga ini masih terbilang baru diterbitkan sehingga dibutuhkan analisis isi apakah buku tersebut layak digunakan atau tidak. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimana kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi spiritual yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)? (2) Bagaimana kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi sosial yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)? (3) Bagaimana kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi pengetahuan yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi spiritual yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (2 Untuk mendiskripsikan kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi sosial yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (3) Untuk mendiskripsikan kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi pengetahuan yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan check list. Teknik analisis datanya menggunakan cara mendiskripsikan isi atau materi dan memberikan catatan. Hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup kurikulum 2013 terbitan Erlangga termasuk dalam kriteria kurang layak dengan perolehan persentase skor kelayakan pada dimensi spiritual adalah sebesar 62,5%, kelayakan pada dimensi sosial adalah sebesar 58%, kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 67,8%. Prosentase dari tiga dimensi tersebut adalah 62,7% atau pada kriteria kurang layak. Oleh karena itu buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup kurikulum 2013 terbitan Erlangga perlu adanya perbaikan dan evaluasi lagi agar dapat memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh BSNP dan dapat meningkatkan kualitas buku teks yang mana sebagai sumber belajar dalam proses kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173009 Siti Chalimah
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:37
Last Modified: 09 Aug 2021 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20310

Actions (login required)

View Item View Item