MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA DARUL ULUM BANDUNG JOMBANG

IZZAHTUN NAFSIL KARIMAH, 12207173043 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA DARUL ULUM BANDUNG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Manajemen Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MA Darul Ulum Bandung Jombang” ditulis oleh Izzatun Nafsil Karimah, NIM. 12207173043. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dan dibimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya dijumpai pembelajaran daring yang kurang efektif pada masa pandemi covid-19 ini, disebabkan oleh pemberlakukan pembelajaran daring secara cepat dan mendadak membuat guru, peserta didik maupun orang tua dipaksa untuk beradaptasi dan melek teknologi Hal ini mengakibatkan banyak ketidaksiapan dari berbagai unsur pembelajaran (mulai dari teknologi, jaringan internet, media atau perangkat daring, dll). Sehingga membuat pihak madrasah khususnya guru perlu menerapkan manajemen yang baik dalam mengelola sistem pembelajaran daring secara efektif dan efesien. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di MA Darul Ulum Bandung Jombang?, (2) Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di MA Darul Ulum Bandung Jombang?, (3) Pengawasan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di MA Darul Ulum Bandung Jombang?. (4) Evaluasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di MA Darul Ulum Bandung Jombang?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas tentang pengelolaan pembelajaran daring yang efektif pada masa pandemi covid-19 di MA Darul Ulum Bandung Jombang dalam keempat bidang tersebut. Pada metode penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di MA Darul Ulum Bandung Jombang ini terdiri dari memberikan Surat Edaran kepada seluruh stakeholder madrasah, Mengadakan kerjasama yang baik dengan orang tua murid atau pengurus pondok, menyiapkan RPP satu lembar, aplikasi daring, menyusun jadwal piket guru, Mendata nomer telepon aktif peserta didik, menyiapkan paket data guru dan peserta didik, serta menunjang fasilitas wifi madrasah. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring ini sama dengan pembelajaran seperti biasanya yaitu memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hanya saja materi yang disampaikan guru memanfaatkan aplikasi whatsapp dan google form. (3) Pengawasan pada guru dilakukan langsung oleh kepala madrasah dengan bergabung di grup whatsapp para guru, mengecek absensi guru dan laporan hasil KBM guru.Sedangkan pengawasan pada peserta didik dilakukan dengan:menggabungkan peserta didik ke dalam grup whatsapp, dan absensi kehadiran peserta didik. (4) Evaluasi pembelajaran daring dilakukan guru dengan memberikan penugasan kepada peserta didik berupa tugas harian, PH, PTS, PAS dan tugas praktik vidio dengan memanfaatkan google form dan grup WA. Dimana bentuk dari evaluasi tersebut yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Karimah Nafsil Izzahtun
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:06
Last Modified: 10 Aug 2021 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20328

Actions (login required)

View Item View Item