BACHTIAR ANNAS IMANUDDIN, 12201173241 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (671kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fqih di MTsN 2 Trenggalek”, ini ditulis oleh Bachtiar Annas Imanuddin, NIM 12201173241, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Strategi guru pendidikan agama Islam, Motivasi Belajar Seorang guru harus dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang menekankan pada terjadinya proses belajar secara efektif melalui berbagai strategi, khususnya pembelajaran fiqih. Fiqih merupakan pelajaran yang berisi tata cara manusia untuk beribadah kepada Allah SWT. Strategi pembelajaran sangat diperlukan agar guru mudah dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Seperti halnya dalam pembelajaran fiqih, strategi pembelajaran yang sesuai dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa di MTsN 2 Trenggalek. Fokus penelitian dari judul tersebut adalah (1) Bagaimana gambaran umum strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek melalui strategi pembelajaran ekspositori? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkankan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek, untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning, dan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek melalui strategi pembelajaran ekspositori Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian lapangan. Hasil penelitian: (1) Gambaran umum strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek ialah penggunaan strategi harus menyesuaikan dengan kondisi kelas dan materi yang diajarkan.. Kemudian dalam proses pembelajarannya guru menggunakan sebuah metode ceramah. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek melalui strategi Contextual Teaching and Learning yaitu dengan mengajak siswa untuk berpikir kritis, setelah itu guru dan siswa menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Kemudian guru mengahdirkan model sebagai contoh pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, melakukan refleksi bersama di akhir pembelajaran. Motivasi dalam pembelajaran fiqih yang dihasilkan dari penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning ialah siswa melakukan introspeksi diri. (3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Trenggalek melalui strategi ekspositori yaitu memperhatikan kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran, saar penyampaian materi guru harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa, setelah guru menyampaikan materi secara keseluruhan guru bersama murid menyimpulkan inti materi kemudian siswa diberi tugas atau tes untuk menguji kemampuan siswa. Motivasi belajar siswa dari penggunaan strategi ekspositori ialah siswa diberi reward bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan atau tes seputar pembelajaran fiqih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173241 BACHTIAR ANNAS IMANUDDIN |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 07:03 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20337 |
Actions (login required)
View Item |