PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN I TULUNGAGUNG PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG

BERLIAN RIZQI AHMAD HABIBIE, 17204153037 (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN I TULUNGAGUNG PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN I Tulungagung Pada Materi Geometri Bangun Ruang,” ditulis oleh Berlian Rizqi Ahmad Habibie, NIM. 17204153037, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, Pembimbing :Dra. Umy Zahroh, M.Kes.Ph.D . Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar Siswa Latar belakang penelitian ini adalah guru membutuhkan kreatifitas dan inovasi dalam pembelajaran agar para siswa tertarik untuk mengikutinya. Pemilihan metode belajar sangat diperlukan agar sesuai dengan situasi dan kondisi para siswa. Dengan menggunaka metode yang tepat, maka efektifitas pembelajaran dapat dicapai sesuai harapan. Salah satu contohnya adalah pendekatan realistik yang diterapkan dalam mata pelajaran matematika. Pendidikan Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang telah dikembangkan di Belanda, dalam penelitian ini dikaji guna mengetahui dampaknya terhadap hasil belajar kognitif dan afektif. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X IPS SMAN I Tulunggung pada materi pokok geometri bangun ruang. 2) untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar afektif siswa kelas X IPS SMAN I Tulunggung pada materi pokok geometri bangun ruang. 3) untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas X IPS SMAN I Tulunggung pada materi pokok geometri bangun ruang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif atau analisis data statistik. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah Quasi Eksperiment atau eksperimen semu dengan desain Control Group Design, kelompok yang dibagi diukur dengan menggunakan alat ukur yang sama yakni pretest dan posttest untuk mengukur belajar kognitif dan siswa diberikan lembar angket untuk menilai hasil belajar afektif siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis, yaitu: 1), Ada pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung. 2) Ada pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar afektif siswa kelas X IPS SMAN 1 Tulungagung. 3) Ada pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas X IPS SMAN 1 Tulungagung. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Matematika Realistik berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153037 BERLIAN RIZQI AHMAD HABIBIE
Date Deposited: 10 Aug 2021 05:12
Last Modified: 10 Aug 2021 05:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item View Item