TARINA CANDRA DEWI, 12205173103 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI WAHID HASIM BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsiَ denganَ judulَ “Strategiَ Guruَ dalamَ Meningkatkanَ Motivasiَ Belajarَ Siswa melalui Pembelajaran Daring Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning)َpadaَPembelajaranَTematikَdiَMIَWahidَHasimَBakungَUdanawu”َiniَ ditulis oleh Tarina Candra Dewi NIM 12205173103 dibimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M.FiI.I. Kata Kunci: Strategi, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring berbasis CTL Penilitian ini dilakukan karena rendahnya motivasi belajar siswa terutama pada pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik dimasa pandemi covid-19. Sebagaimana riset yang dilakukan oleh Slameto bahwa anak didik yang tergolong cerdas tampak bodoh karena tidak memiliki motivasi untuk mencapai prestasi sebaik mungkin. Namun,hal berbeda nampak terjadi di MI Wahid Hasim Bakung Udanawu pada fokus penelitian ini, nampak kontras dengan fenomena pada umumnya. Pembelajaran daring terlihat sangat berdaba disekolah tersebut akrena antusia semangat mereka. Hal ini tentu tidak lepas dari lepas dari pemilihan strategi yang menarik. Penelitian ini dimaksud untuk mendiskripsikan lebih mendalam strategi yang dilakukan oleh guru. Fokus penelitian ini, bagaimana perencanaan stategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring berbasis CTL pada pembelajaran tematik di MI Wahid Hasim Bakung Udanawu?, bagaimana implementasi strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring berbasis CTL pada pembelajaran tematik di MI Wahid Hasim Bakung Udanawu?, bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar melalui pembelajaran daring berbasis CTL pada pembelajaran tematik di MI Wahid Hasim Bakung Udanawu?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode yang digunakan dalam pengambilan data di lapangan yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Trianggulasi yang digunakan yaitu trianggulasi data dan trianggulasi sumber. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimana pengambilan data dilakukan secara terus menerus dan secara interaktif sampai tuntas, sampai menemukan titik jenuh baru berhenti dalam pengambilan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebelum mengajar guru pasti menyusun perencanaan berupa RPP yang di dalamnya terdapat langkah-langkah pembelajaran, metode, muatan motivasi sampai kegiatan akhir pembelajaran. 2) dalam implementasi pembelajaran daring tetap menggunakan strtaegi CTL, untuk memkasimalkan pembelajaran tematik guru mengadakan pembelajaran tatap muka, untuk pembelajaran daring dibantu dengan video di youtube, power point dan google from, diawal kegiatan juga diberikan motivasi agar siswa memiliki motivasi belajar yang tingggi. 3) evauluasi pembelajaran dilakukan setiap harinya dengan memberikan soal bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui perkembangan siswa kedepannya dan juga dikegiatan ini guru tidak lupa memberikan muatan motivasi belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173103 TARINA CANDRA DEWI |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 07:52 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20371 |
Actions (login required)
View Item |