ALUR BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI MATRIKS KELAS XI MAN KOTA BLITAR

ANISSATUL MUFIDAH, 12204173139 (2021) ALUR BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI MATRIKS KELAS XI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Alur Berpikir Analitis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Materi Matriks Kelas XI MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Anissatul Mufidah, NIM. 12204173139, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Analitis, Soal HOTS, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir analitis dalam menyelesaikan masalah matematika yang mana pada proses penyelesaiannya masih kurang dilakukan secara urut dan sistematis. Padahal salah satu kemampuan berpikir yang harus dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berpikir analitis. Berpikir analitis adalah kemampuan berpikir siswa yang dalam prosesnya dilakukan secara urut dan setiap langkahnya dilakukan dengan jelas kemudian menyimpulkan bukan berdasarkan perkiraan saja. Kemampuan berpikir analitis dapat dikembangkan dengan memberikan soal HOTS, sedangkan kemampuan berpikir analitis juga dapat dipengaruhi oleh aspek psikologis siswa yaitu gaya kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Alur berpikir analitis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi matriks, 2) Alur berpikir analitis siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MAN Kota Blitar. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Alur berpikir analitis FD dalam menyelesaikan soal HOTS: Menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan; menuliskan serta menyatakan kembali apa yang diketahui dengan model matriks dan model matematika, memahami konsep matriks simetris dan invers matriks, serta menyebutkan dan menggunakan strategi yang dipilih; menjelaskan dengan kurang jelas hubungan antara apa yang diketahui dengan apa yang ditanyakan, menjelaskan metode yang digunakan, menjelaskan strategi yang dipilih, menjelaskan dengan kurang jelas hubungan konsep matriks simetris dan invers matriks, dan menyebutkan kesimpulan dari hasil penyelesaian, 2) Alur berpikir analitis FI dalam menyelesaikan soal HOTS: Menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan; menuliskan serta menyatakan kembali apa yang diketahui dengan model matriks dan model matematika, memahami konsep serta menyebutkan informasi mengenai matriks simetris dan invers matriks, menuliskan dan menyatakan rencana penyelesaian, menyebutkan dan menggunakan strategi yang dipilih; menjelaskan dengan jelas hubungan antara apa yang diketahui dengan apa yang ditanyakan, menjelaskan metode yang digunakan, menjelaskan strategi yang dipilih, menjelaskan dengan jelas hubungan konsep matriks simetris dan invers matriks, membuktikan hasil penyelesaian serta menuliskan dan menyebutkan kesimpulan dari hasil penyelesaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173139 ANISSATUL MUFIDAH
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:38
Last Modified: 12 Nov 2021 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20425

Actions (login required)

View Item View Item