PENGARUH KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI MAN 1 TULUNGAGUNG DITINJAU DARI KECERDASAN HOLISTIK

NIHAYAH, 12204173058 (2021) PENGARUH KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI MAN 1 TULUNGAGUNG DITINJAU DARI KECERDASAN HOLISTIK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (945kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI MAN 1 Tulungagung Ditinjau Dari Kecerdasan Holistik” ini ditulis oleh Nihayah, NIM. 12204173058, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an, Hasil Belajar Matematika, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya aktivitas yang dilakukan siswa dalam menghafal al-Qur’an. Semakin sering siswa mengasah otaknya melalui aktivitas menghafal al-Qur’an, akan semakin mudah dalam menerima informasi. Sehingga, kecerdasan yang dimiliki siswa tersebut semakin baik. Sehingga, akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kemampuan tahfidz al-Qur’an dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IK MAN 1 Tulungagung ditinjau dari kecerdasan holistik (intelektual, emosional, dan spiritual). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan tahfidz al-Qur’an dengan hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan holistik dan (2) Untuk mengetahui tingkat hubungan kemampuan tahfidz al-Qur’an dengan hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan holistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kemampuan tahfidz al-Qur’an, kuesioner kecerdasan holistik, dan hasil nilai PAS. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan tahfidz al-Qur’an ditinjau dari kecerdasan holistik dengan hasil belajar siswa. (2) Tingkat pengaruh antara kemampuan tahfidz al-Qur’an ditinjau dari kecerdasan holistik dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IK MAN 1 Tulungagung termasuk dalam kategori rendah atau lemah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nihayah Madiun
Date Deposited: 12 Aug 2021 06:50
Last Modified: 12 Aug 2021 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20444

Actions (login required)

View Item View Item