STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMA NEGERI 1 KAMPAK TRENGGALEK

ULPATUS SAFITRI, 12201173096 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMA NEGERI 1 KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (749kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek" ini ditulis oleh Ulpatus Safitri, NIM 12201173096, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, GP AI, Sikap Toleransi Indonesia memiliki tingkat keberagaman yang tinggi sehingga sikap toleransi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak fenomena sikap intoleransi yang terjadi antar sesama siswa dilingkungan sekolah, seperti kasus bullying karena perbedaan status ekonomi, tidak mau mendengarkan pendapat orang lain, memecahkan masalah tanpa melalui musya warah, tidak mau berteman dengan teman yang berbeda agama, ras, dan juga suku. Hal itu menunjukkan masih rendahnya sikap toleransi dan perlu untuk ditumbuh kembangkan untuk mencetak siswa yang unggul dan berkarakter islam yang menjunjung tinggi terhadap berbagai perbedaan yang ada. Dalam hal ini guru PAI berperan penting untuk menumbuhkan sikap toleransi kepada siswa melalui strategi-strategi yang sudah direncanakan untuk mempersiapkan dan membentuk peserta didik menjadi generasi yang terbuka, demokratis dan bersikap toleran dalam menyikapi perbedaan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan agama pada siswa di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan pendapat pada siswa di SMA N egeri 1 Kampak Trenggalek? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan budaya dalam berpakaian pada siswa di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan agama pada siswa di SMA N egeri 1 Kampak Trenggalek (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan pendapat pada siswa di SMA N egeri 1 Kampak Trenggalek (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan budaya dalam berpakaian pada siswa di SMA Negeri 1 Kampak Trenggalek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber juga triangulasi teknik. Basil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan agama pada siswa meliputi strategi didalam kelas dan strategi diluar kelas. Strategi didalam kelas seperti menanamkan pendidkan karakter dengan menyisipkan materi toleransi dalam KBM, membagi kelompok belajar heterogen, pemanfaatan sumber belajar yang ada diperpustakaan. Sedangkan strategi diluar kelas yaitu pembiasaan 3 S dan jabat tangan kepada seluruh warga sekolah tanpa melihat latar belakangnya, metode keteladanan, mengikutsertakan siswa non muslim dalam kegiatan qurban dan pondok romadhon sebagai panitia dan mengadakan kegiatan jumat infaq (2) strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan pendapat pada siswa diantaranya: membiasakan siswa untuk melakukan musyawarah, memberikan keteladanan secara langsung kepada siswa, memberikan nasehat, dan memberikan gambaran atau contoh-contoh konkrit tentang sikap menghargai perbedaan pendapat (3) strategi guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan sikap menghargai perbedaan budaya dalam berpakaian pada siswa diantaranya: sedikit banyak selalu menyelipkan materi toleransi dalam pembelajaran, melakukan pembinaan dan pendekatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulpatus 12201173096 safitri
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:37
Last Modified: 10 Aug 2021 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20449

Actions (login required)

View Item View Item