KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multisitus di MTsN 1 dan MTsN 2 Tulungagung)

ASRORI MUSTOFA, 1761154005 (2021) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multisitus di MTsN 1 dan MTsN 2 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mustofa Asrori, 1761154005, 2021. Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus di MTsN 1 dan MTsN 2 Tulungagung) disertasi, Progran Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana IAIN Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. Mujamil, M.Ag. (2) Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. (3) Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pendidikan Kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen lembaga pendidikan. Kepemimpinan yang transformatif tentunya akan memberikan dampak secara signifikan terhadap kemajuan dan perkembangan prestasi lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang unggul (madrasah yang efektif) menjadi magnet tersendiri bagi konsumen atau pengguna lembaga pendidikan. Kepemimpinan pendidikan Islam yang efektif dapat mengkreasikan terwujudnya berbagai kemajuan dan prestasi. Oleh karena itu, sukses tidaknya lembaga pendidikan Islam dalam mencapai visi, misi, dan tujuannya banyak dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala madrasah. Berangkat dari uraian di atas pertanyaan penelitian dalam disertasi ini adalah (1) Bagaimana kepala madrasah sebagai penguat idealisme guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan? (2) Bagaimana kepala madrasah menjadi inspirasi guru dan tenaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan? (3) Bagaimana kepala madrasah menjadi stimulasi intelektual guru dan tenaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan? (4) Bagaimana kepala madrasah melakukan pengembangan diri guru dan tenaga Kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependenbilitas, transfarbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian dalam disertasi ini adalah (1) Kepala madrasah memperkuat idealisme guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan penanaman pengaruh dan pembentukan komitmen personal terhadap transformasi organisasi. (2) Kepala madrasah menginspirasi guru dan tenaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan motivasi inspirasonal, melakukan komunikasi yang jelas dan entusiatik mengenai visi dan konsolidasi kekuatan pengikut untuk mendukung transformasi. (3) Kepala madrasah menstimulasi intelektual guru dan tenaga pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan penguatan stimulasi intelektual, pembagian TUSI, penyiapan kaderisasi pemimpin, tindakan tegas, pemberian pengakuan, penghargaan dan penyelesaian problem yang menghambat transformasi. (4) Kepala madrasah mengembangkan diri guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan penguatan pemberian pertimbangan secara pribadi, proses kepemimpian transformasional dalam pencapaian tujuan lembaga, pengembangan visi lembaga, pencapaian tujuan akhir madrasah, konsolidasi pelaku organisasi yang berprestasi dan pelaku organisasi yang dapat melaksanakan visi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai kekuatan inspiration influence dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr 1761154005 ASRORI MUSTOFA
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:25
Last Modified: 12 Nov 2021 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item