ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL IPA (FISIKA) PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTsN 2 TRENGGALEK

SITI FATIMAH, 12211173037 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL IPA (FISIKA) PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA (Fisika) pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTsN 2 Trenggalek” ditulis oleh Siti Fatimah, NIM. 12211173037, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M. Si. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Model Polya, Usaha dan Pesawat Sederhana Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa MTsN 2 Trenggalek masih tergolong rendah untuk materi IPA khususnya fisika. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil observasi yaitu sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika, masih banyak kesalahan siswa dalam memecahkan masalah soal fisika, dan hasil nilai ulangan harian siswa yang masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dan persentasenya dalam menyelesaikan soal IPA (fisika) pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTsN 2 Trenggalek. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D sebanyak 29 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu dengan masing-masing 2 siswa pada kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan 3 teknik, yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan tinggi berada pada kategori tinggi dengan rata-rata persentase 82,99%, yang berarti siswa sudah mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan sedang berada pada kategori tinggi dengan rata-rata persentase 64,58%, dengan rincian untuk soal 1 dan 2 siswa sudah mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya, soal 3 siswa hanya mampu memenuhi indikator tahap memahami masalah, dan soal 4 siswa belum mampu memenuhi seluruh indikator tahap pemecahan masalah. (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan rendah berada pada kategori sangat rendah dengan rata-rata persentase 15,42% yang berarti siswa belum mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211173037 SITI FATIMAH
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:46
Last Modified: 12 Aug 2021 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20561

Actions (login required)

View Item View Item