SITI FATIMAH, 12211173037 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL IPA (FISIKA) PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA (Fisika) pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTsN 2 Trenggalek” ditulis oleh Siti Fatimah, NIM. 12211173037, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M. Si. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Model Polya, Usaha dan Pesawat Sederhana Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa MTsN 2 Trenggalek masih tergolong rendah untuk materi IPA khususnya fisika. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil observasi yaitu sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika, masih banyak kesalahan siswa dalam memecahkan masalah soal fisika, dan hasil nilai ulangan harian siswa yang masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dan persentasenya dalam menyelesaikan soal IPA (fisika) pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTsN 2 Trenggalek. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D sebanyak 29 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu dengan masing-masing 2 siswa pada kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan 3 teknik, yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan tinggi berada pada kategori tinggi dengan rata-rata persentase 82,99%, yang berarti siswa sudah mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan sedang berada pada kategori tinggi dengan rata-rata persentase 64,58%, dengan rincian untuk soal 1 dan 2 siswa sudah mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya, soal 3 siswa hanya mampu memenuhi indikator tahap memahami masalah, dan soal 4 siswa belum mampu memenuhi seluruh indikator tahap pemecahan masalah. (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan rendah berada pada kategori sangat rendah dengan rata-rata persentase 15,42% yang berarti siswa belum mampu memenuhi seluruh indikator tahapan pemecahan masalah model Polya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211173037 SITI FATIMAH |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 03:46 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20561 |
Actions (login required)
View Item |