NURIS SHOFIATU ROSYIDA, 17205153213 (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SHALAT WAJIB PADA SISWA DI MI SLUMBUNG MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (760kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (415kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Shalat Wajib Pada Siswa di MI Slumbung Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah,” yang di tulis oleh Nuris Shofiatu Rosyida, NIM. 17205153213, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Lailatuz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan dan Tanggung Jawab, Shalat Berjamaah Shalat berjamaah merupakan salah satu apsek terpenting bagi seorang Muslim dalam melaksanakan proses kehidupanya. Dengan melihat begitu pentingnya shalat, maka pembiasaan shalat berjamaah dalam proses pendidikan, menjadi salah satu kebutuhan utama. MI Slumbung adalah salah satu sekolah merupakan lembaga pendidikan yang peduli terhadap pembinaan shalat berjamaah para siswanya. MI tersebut siswa mendapat pendidikan dan bimbingan langsung dari bapak dan ibu guru yang mengajar, sehingga tertanam dalam dirinya kesadaran untuk melaksanakan shalat berjamaah secara rutin, utamanya dengan melatih kedisiplinan dan tanggung jawab mengenai shalat berjamaah. Pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu; 1) Bagaimanakah metode guru dalam melaksanakan pembinaan shalat berjamaah untuk meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab shalat wajib pada siswa di MI Slumbung?, 2) Bagaimanakah peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat wajib pada siswa di MI Slumbung?, 3) Bagaimanakah peran guru dalam meningkatkan tanggung jawab shalat wajib pada siswa di MI Slumbung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus guna memahami fenomena sosial yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: 1) Metode guru dalam melaksanakan pembinaan shalat berjamaah untuk meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab shalat wajib pada siswa di MI Slumbung ceramah, praktik, pembiasaan, tauladan dan hukuman. 2) Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat wajib pada siswa di MI Slumbung adalah sebagai pembimbing, pengarahan, pengawas serta motivator. 3) Peran guru dalam meningkatkan tanggung jawab shalat wajib pada siswa di MI Slumbung adalah sebagai motivator dan teladan atau uswatun hasanah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Fiqih > Sholat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153213 NURIS SHOFIATU ROSYIDA |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 03:56 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20573 |
Actions (login required)
View Item |