SALMA MAULIDA, 12201173306 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEJUJURAN SISWA KELAS X DI SMKN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (721kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (897kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (22MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kejujuran Siswa Kelas X di SMKN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Salma Maulida, NIM. 12201173306, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs.H.Jani,M.M.,M.Pd. Kata Kunci: Srategi, Kejujuran, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kejujuran siswa dengan melakukan kecurangan ketika mengerjakan ulangan maupun tugas. Siswa yang berbohong, membolos, serta kurang memperhatikan pelajaran di kelas. Dalam hal ini perlu adanya penanaman kejujuran dengan melakukan pembiasaan dan penekanan kepada siswa. Dengan kejujuran merubah siswa menjadi lebih baik, berakhlak terpuji dan dipercaya orang lain. Kejujuran sangat penting untuk ditanamkan dan ditingkatkan kepada siswa karena dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan yang akan datang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagimana perencanaan strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa Kelas X di SMKN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa Kelas X di SMKN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa Kelas X di SMKN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021?. Sedangkan tujuan dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk menjelaskan perencanaan strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa Kelas X di SMKN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Untuk menjelaskan pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa Kelas X di SMKN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021 (3) Untuk menjelaskan evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa Kelas X di SMKN 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrument kunci dalam pengumpulan data. Tempat penelitian adalah SMKN 2 Trenggalek. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer berupa wawancara dengan guru dan siswa kelas X RPL A, B, dan C, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumentasi berupa foto. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa dengan memberikan pemahaman tentang kejujuran, menerapkan kejujuran, bentuk sikap tidak jujur siswa, dan meningkatkan kejujuran. (2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa dengan menetapkan tujuan pembentukan kejujuran, menetapkan faktor pendukung dan faktor penghambat meningkatkan kejujuran, dan membiasakan bersikap jujur (3) Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kejujuran siswa dengan mengevaluasi meningkatkan kejujuran, memperbaiki sikap tidak jujur, dampak kejujuran, dan mengatasi kecurangan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173306 SALMA MAULIDA |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:44 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20576 |
Actions (login required)
View Item |