STRATEGI GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA KELAS IX DI MTs BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI KANIGORO BLITAR

YULIA DWI LESTARI, 12201173322 (2021) STRATEGI GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA KELAS IX DI MTs BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (574kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yulia Dwi Lestari, 12201173322, 2021, “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas IX di MTs Bustanul Ulum MInggirsari Kanigoro Blitar”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung . Pembimbing Hj. St. Noer Farida, M.A Kata Kunci: Strategi Guru, Al-Qur’an Hadits, Hafalan Al-Qur’an Penelitian ini berawal dari adanya program hafalan yang ada di mata pelajaran al-Qur’an hadits, dipadukan dengan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa. Sebagian besar pada materi al-Qur’an hadits terdapat banyak materi menghafal ayat atau dalil-dalil, dalam hal ini tentunya membutuhkan strategi guru yang tepat sehingga dapat membantu mempermudah siswa menghafal pada mata pelajaran al-Qur’an hadits. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana strategi takrir guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar?, Bagaimana strategi sorogan guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar?, Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi takrir dan sorogan dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan strategi takrir guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar, 2. Mendeskripsikan strategi sorogan guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar, 3. Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi takrir dan sorogan dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Guru Al-Qur’an Hadits dan Siswa kelas IX yang ada di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar. Dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dalam analisis data penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti melalui tahap perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi, pengecekan teman sejawat dan review informan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa strategi guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar adalah: (1). Strategi takrir guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar memiliki langkah-langkah dalam pelaksanaannya yaitu. (a) Guru membacakan ayatnya per kalimat/ satu ayat terlebih dahulu; (b) Siswa membaca ayat yang dibacakan oleh guru secara bersama-sama; Lalu dalam satu ayat dipotong perlafadz kemudian dibaca berulang kali; (c) Siswa diberi tugas menghafal dengan cara yang dianjurkan oleh guru secara individu; (d) Bagi siswa yang sedikit mengalami kesulitan menghafal, diperbolehkan melakukan tasmi’ dengan beberapa temannya, dan temannya boleh membantu menyimak dan membenarkan bacaan hafalan teman; (d) Jika sudah dirasa siap, siswa bisa menyetorkan hafalannya ke guru. (2) Strategi sorogan guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar terdapat beberapa tahap dalam pelaksanaannya yaitu: (a) Guru mengucapkan salam pembuka dan mengajak siswa untuk berdo’a terlebih dahulu; (b) Lanjut menjelaskan proses setoran, dengan menghimbau siswa untuk mempersiapkan hafalannya terlebih dahulu; (c) Bagi siswa yang sudah merasa siap menyetorkan hafalannya ke guru, maka segera maju kedepan secara individu tanpa harus dipanggil atau sesuai inisiatif siswa sendiri; (d) Guru menyimak bacaan hafalan yang disetorkan siswa, jika terdapat kesalahan guru segera membenarkan; (e) Bagi siswa yang sudah selesai setoran, guru memberikan instruksi untuk melanjutkan hafalan, sedangkan bagi siswa yang masih belum lancar atau belum maksimal, maka guru memberitahu untuk mengulangi hafalannya. (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi takrir dan sorogan dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa kelas IX di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar adalah pengaruh usia, manajemen waktu, tempat, kondisi fisik, motivasi dan kecerdasan intelektual/IQ.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173322 YULIA DWI LESTARI
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:54
Last Modified: 02 Nov 2021 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20579

Actions (login required)

View Item View Item