FORTUNA YULIANDARI, 12207173009 (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh FORTUNA YULIANDARI, NIM. 12207173009, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, meningkatkan kedisiplinan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena lembaga pendidikan yang berdiri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap lembaga pendidikan mempunyai peranan tersendiri untuk meningkatkan prestasi peserta didik dan membetuk sikap disiplin peserta didik. Sikap disiplin sejak dini penting untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan. Disinilah kemudian manajemen kesiswaan menjadi bagian penting yang tak mungkin untuk dipisahkan dengan dunia pendidikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswanya. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMPN 1 Kalidawir Tulungagung?, 2) bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung?, 3) bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitiann ini adalah untuk mengetahui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh waka kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi pastisipan dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) person (orang) yaitu, (a) kepala sekolah, (b) waka kesiswaaan, (c) guru, dan (d) siswa. 2) paper (kertas/dokumen) yaitu, berupa dokumen foto-foto kegiatan manajemen kesiswaan. 3) place (tempat) yaitu, di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria credibility (tingkat kepercayaan), dengan ketekunan pengamat, waktu pelaksaan observasi diperpanjang ( 3 bulan menjadi 4 bulan) dan triangulasi sumber, metode. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMPN 1 Kalidawir Tulungagung ialah dengan rapat koordinasi bersama kepala sekolah, waka sekolah dan guru BK untuk membuat pedoman program kegiatan kesiswaan, dengan tujuan agar pelaksanaan kegiatan kesiswaan berjalan dengan efektif dan efisien, serta dalam perencanaannya melibatkan semua elemen sekolah. 2) pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan sesuai dengan program kegiatan kesiswaan yang telah direncanakan dalam rapat koordinasi yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senyum Salam Sapa (3S), upacara bendera, literasi pagi, pengecekan atribut siswa sebelum masuk kelas dan sholat berjamaah, dengan kendala yang dihadapi ialah siswa yang sengaja melanggar aturan, untuk strateginya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu bekerjasama dengan guru BK, wali kelas, orang tua siswa, dan kapolsek serta koramil, 3) evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan dengan teknik tertulis dan tidak tertulis. Teknik tertulis dilakukan setiap 1 bulan sekali, setiap wali kelas mengumpulkan buku pribadi siswa kepada guru BK. Sedangkan teknik tidak tertulis yaitu dilakukan setiap hari, guru mengabsensi siswa setiap masuk kelas dan memberikan tindaklanjut berupa hukuman kepada siswa yang melanggar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207173009 FORTUNA YULIANDARI |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 01:58 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 01:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20602 |
Actions (login required)
View Item |