MOCH BAYU SAPUTRO, 17207163067 (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS OUTPUT DI MTs NEGERI 4 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (834kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kualitas Output di Mts N 4 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Moch. Bayu Saputro, NIM: 17207163067, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I., NIP. 19650903199803 2001 Kata kunci: manajemen kesiswaan, kualitas output. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu lembaga pendidikan dituntut untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan dinilai baik dari segi akhlaq yang dimiliki. Dalam mengatasi tuntutan akan lulusan teresebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola sekolah. Kegiatan pengelolaannya yakni implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kualitas output. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerimaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MTs Negeri 4 Blitar tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MTs Negeri 4 Blitar tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana evaluasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MTs Negeri 4 Blitar tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini berarti digunakan: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerimaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MTs Negeri 4Blitar tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MTs Negeri 4Blitar tahun ajaran 2018/2019. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas output di MTs Negeri 4Blitar tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini penulis menggunakan : Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Negeri 4 Blitar. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan,wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru menggunakan sistem seleksi. Adapun tes yang diberikan adalah tes membaca, menulis, berhitung dan juga ada seleksi umur, yang mana di Mts N 4 Blitar ini membatasi usia yang akan masuk pada sekolah. Setelah Penerimaan Peserta Didik Baru selesai, peserta didik akan dikelompokkan sesuai dengan program belajar yang dipilih. Ada program belajar unggulan dan reguler yang ditawarkan oleh madrasah. Adapun pembinaan peerta didik dalam meningkatkan kualitas output di Mts N 4 Blitar selain itu adapun pembinaan yang diberikan kepada peserta didik oleh sekolah melainkan bimbingan yang bersifat formal dan non formal yang mana peserta didik mendapatkan bimbingan akademis yang diberikan didalam kelas seperti halnya materi dan pembelajaran yang disalurkan melalui proseskegiatan belajar mengajar oleh tenaga pendidik, selain itu pembinaan melalui bimbingan-bimbingan kegitan non-akademik seperti extrakurikuler yang ada di Mts N 4 Blitar. Untuk langkah akhir yakni tentang bagaimana evaluasi peserta didik yang dilakukan secara terus menerus, baik evaluasi yang dilakukan di dalam kelas maupun evaluasi yang dilakukan diluar kelas. Dari evaluasi tersebut peserta didik dapat dilihat seberapa jauh kemampuan yang dimilikinya. Sehingga pihak sekolah mampu menilai kualitas output dan juga perkembangan siswa dalam memperoleh fasilitas yang diberikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163067 MOCH BAYU SAPUTRO |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 07:35 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20611 |
Actions (login required)
View Item |