IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DALAM MEMBENTUK ETIKA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL QUR’AN TLOGOANYAR LAMONGAN

HAJAR FIRDA ASHARI, 12201173137 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DALAM MEMBENTUK ETIKA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL QUR’AN TLOGOANYAR LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Membentuk Etika Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan” ini ditulis oleh Hajar Firda Ashari, NIM. 12201173137, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, kitab Ta’limul Muta’allim, etika santri Dunia mengalami degradasi moral yang ditandai dengan adanya kemerosotan budi pekerti seseorang, bahkan sekelompok orang. Fenomena tersebut merupakan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Secara kasat mata, bisa diamati cara manusia menyikapi aturan agama, memanusiakan manusia dan menghormati alam. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting mengingat tugas manusia sebagai khalifah di bumi. Peneliti menghubungkan masalah pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dengan penerapannya dalam pembentukan etika santri di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan. Pertanyaan penelitian skripsi ini antara lain: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Ta'limul Muta'allim guna membentuk etika santri dalam menghormati ilmu di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Ta'limul Muta'allim dalam membentuk etika santri kepada guru di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan? (3) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Ta'limul Muta'allim dalam membentuk etika santri kepada sesama santri di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi pembelajaran kitab Ta'limul Muta'allim guna membentuk etika santri dalam menghormati ilmu, etika santri kepada guru, dan etika santri kepada sesama santri di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3P (person: kepala madin, ustadz/ustadzah, dan santri; place: Pondok Pesanren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan; paper: dokumentasi foto-foto penelitian dan dokumen lembaga) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Etika santri dalam menghormati ilmu meliputi menata niat yang benar dalam menuntut ilmu, menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh ilmu secara lahir dan batin, menghormati kitab atau buku, dan bersikap wara’; (2) etika santri kepada guru meliputi menghormati guru dan kerabat guru, mematuhi aturan guru di dalam forum pembelajaran, sopan kepada gurumeskipun di luar forum pembelajaran, berbicara sopan kepada guru, dan memperhatikan etika sebelum dan saat sowan berlangsung; (3) etika santri kepada sesama santri meliputi tolong-menolong dengan teman yang kesusahan, memberi saran atau nasihat dengan cara yang baik, mengapresiasi kebahagiaan atau kesuksesan teman, menghormati privasi teman, dan menghargai perbedaan pendapat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173137 HAJAR FIRDA ASHARI
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:16
Last Modified: 12 Aug 2021 08:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20619

Actions (login required)

View Item View Item