STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

HAFIDZ JAUHARI, 12201173029 (2021) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur’an Hadits Di MTs Imam Al-Ghozali Rejotangan Tulungagung” yang ditulis oleh Hafidz Jauhari, NIM 12201173029, pembimbing Dr. Hj. ST. Noer Farida Laila, MA. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits khususnya kesulitan dalam membaca, menulis, dan menghafal ayat dan hadits, sehingga menjadikan peserta didik belum dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan belajar tersebut, diperlukan strategi guru Al-Qur’an Hadits untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didiknya supaya mereka dapat mengatasi kesulitan yang dialami dan prestasi belajarnya dapat meningkat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru al- Qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an hadits di MTS Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung ? (2) Bagaimana strategi guru al- Qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar menulis al-Qur’an hadits di MTS Al- Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung ? (3) Bagaimana strategi guru al-Qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar menghafal al-Qur’an hadits di MTS Al- Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian (1) Strategi Guru al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca al-Qur’an Hadits di MTS Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung yaitu: a) bentuk-bentuk kesulitan belajar membaca al- Qur’an dan hadits berupa kesulitan dalam memahami tajwid, dan belum bisa membaca al-Qur’an dengan; b) faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar membaca al-Qur’an dan hadits karena faktor keluarga, lingkungan, faktor dari dalam diri peserta didik, dan latar belakang pendidikan sebelumnya; c) strategi guru al-Qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dengan menggunakan metode drill dan metode demonstrasi; d) hambatan guru dalam menerapkan strateginya berupa kurangnya minat peserta didik dan setiap peserta didik memiliki kemampuan yang tidak sama; (2) Strategi Guru al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Menulis al-Qur’an Hadits di MTS Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung yaitu: a) bentuk-bentuk kesulitan belajar menulis al-Qur’an dan hadits berupa: sulit menggabungkan kata yang berbahasa arab, kurang terampil dalam menulis ayat, kurangnya minat peserta didik dalam belajar menulis ayat dan hadits dengan baik dan benar; b) faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar menulis ayat al-Qur’an dan hadits berupa: kemampuan peserta didik dalam menulis tidak sama, faktor keluarga dan lingkungan yang kurang mendukung terhadap pendidikan peserta didik; c) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis dengan memberikan contoh cara menulis dengan baik, memberikan tugas menulis ayat al-Qur’an dan hadits; d) hambatan guru dalam melaksanakan strategi untuk mengatasi kesulitan belajar menulis berupa kemampuan peserta didik yang kurang terampil dalam menulis ayat dengan benar, minat peserta didik untuk terbiasa menulis, serta fasilitas untuk belajar yang kurang memadai. (3) Strategi Guru al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Menghafal al- Qur’an Hadits di MTS Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung yaitu: a) bentuk-bentuk kesulitan belajar menghafal berupa: sulit menghafal ayat yang panjang, dan masih terdapat anak yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an; b) faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal al- Qur’an yaitu kurangnya dukungan dari keluarga dan lingkungan, faktor diri sendiri; c) strategi guru al-Qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar menghafal dengan menggunakan metode demonstrasi; d) hambatan guru dalam melaksanakan strategi dalam mengatasi kesulitan menghafal peserta didik berupa: faktor dukungan dari keluarga, fasilitas belajar yang kurang memadai, dan faktor dari dalam diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173029 Hafidz Jauhari
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:08
Last Modified: 02 Nov 2021 01:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20627

Actions (login required)

View Item View Item