TRAJECTORY BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI AQ (ADVERSITY QUOTIENT) KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

WIDYA AMBAR PRATIWI, 12204173094 (2021) TRAJECTORY BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI AQ (ADVERSITY QUOTIENT) KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Trajectory Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Aritmetika Sosial Ditinjau dari AQ (Adversity Quotient) Kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Widya Ambar Pratiwi, NIM.12204173094, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Trajectory Berpikir, Pemecahan Masalah, AQ (Adversity Quotient) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas trajectory berpikir siswa dan kemampuan pemecahan masalah yang masih tergolong rendah. Dapat diketahui setiap siswa memiliki trajectory berpikir yang berbeda-beda terutama dalam memecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari tipe AQ (Adversity Quotient) setiap siswa. AQ (Adversity Quotient) yaitu kemampuan daya juang untuk memecahkan masalah .maka dari itu AQ (Adversity Quotient) sangat berpengaruh dalam proses pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan trajectory berpikir siswa tipe climber dalam memecahkan masalah aritmetika sosial kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan trajectory berpikir siswa tipe camper dalam memecahkan masalah aritmetika sosial kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan trajectory berpikir siswa tipe quitter dalam memecahkan masalah aritmetika sosial kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa yaitu 2 siswa tipe climber, 2 siswa tipe camper dan 2 siswa tipe quitter. Instrumen penelitian terdiri dari angket ARP, soal tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu pengisian angket ARP, pemberian soal tes pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa tipe climber dalam memecahkan masalah aritmetika sosial cenderung memiliki trajectory bepikir konseptual, yaitu siswa mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri yang diketahui dalam soal, mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri apa yang ditanya dalam soal, dalam menjawab cenderung menggunakan konsep yang sudah dipelajari, dan mampu menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh.(2) Siswa tipe camper dalam memecahkan masalah aritmetika sosial cenderung memiliki trajectory bepikir semi konseptual, yaitu siswa kurang mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri yang diketahui dalam soal, kurang mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri apa yang ditanya dalam soal, dalam menjawab cenderung menggunakan konsep yang sudah dipelajari walaupun tidak lengkap, dan tidak sepenuhnya mampu menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh. (3) Siswa tipe quitter dalam memecahkan masalah aritmetika sosial cenderung memiliki trajectory bepikir komputasional, yaitu siswa tidak mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri yang diketahui dalam soal, tidak mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri apa yang ditanya dalam soal, dalam menjawab cenderung lepas dari konsep yang sudah dipelajari, dan tidak mampu menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173094 WIDYA AMBAR PRATIWI
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:55
Last Modified: 13 Aug 2021 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20660

Actions (login required)

View Item View Item