ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS PADA MATERI POKOK PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

NIHAYATUL ULYA, 12204173201 (2021) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS PADA MATERI POKOK PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newman’s Error Analysis pada Materi Pokok Pytagoras Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa” ini ditulis oleh Nihayatul Ulya, NIM. 12204173201. Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Miskonsepsi, Newman error analysis, Gaya kognitif. Miskonsepsi adalah kesalahan pemahaman dalam menghubungkan suatu konsep dengan konsep-konsep yang lain, antara konsep yang baru dan konsep yang sudah ada dalam pikiran siswa, sehingga terbentuk konsep yang salah. miskonsepsi yang pernah diperoleh siswa waktu sekolah masih tetap ada atau menetap pada dirinya. Hal tersebut tidak akan hilang sebelum diperbaiki. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi munculnya miskonsepsi diantaranya: Guru, siswa, buku teks, konteks, dan metode mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Bagaimana miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan newman’s error analysis pada materi pokok Pythagoras dengan gaya kognitif field independent. 2) Bagaimana miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan newman’s error analysis pada materi pokok Pytagoras dengan gaya kognitif field dependent.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di MTs Fathul Hidayah Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Tes yang diberikan terdiri 2 tes, yaitu tes Group Embedded Figure Test (GEFT) dan tes yang berupa soal cerita Pythagoras sehingga diperoleh 2 subjek dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Hasil tes dianalisis menggunakan indikator kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skills error), dan kesalahan pada notasi (encoding error).Hasil penelitian mengungkapkan: 1) Siswa dengan gaya kognitif field independent dinyatakan lebih mampu menyelesaikan soal cerita pada materi pokok Pythagoras dan tidak mengalami miskonsepsi. 2) Siswa dengan gaya kognitif field dependent dikatakan kurang mampu menyelesaikan soal cerita pada materi pokok Pythagoras dan mengalami miskonsepsi pada tahap yang bervariasi yakni tahap membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses dan kemampuan mengkode.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173201 NIHAYATUL ULYA
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:57
Last Modified: 13 Aug 2021 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20666

Actions (login required)

View Item View Item