FITROLIYANTI MILAYANA, 17208163049 (2021) PENGARUH METODE PRAKTIKUM VIRTUAL LAB DAN REAL LAB TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (397kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Praktikum Virtual Lab dan Real Lab terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Sistem Pernapasan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Fitroliyanti Milayana, Jurusan Tadris Biologi, NIM. 17208163049, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : Metode Praktikum, Virtual Lab, Real Lab, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Sebuah fenomena menunjukkan bahwa kegiatan praktikum untuk pelajaran Biologi belum berjalan secara maksimal. Hal ini dikarenakan tidak semua sekolah memiliki sarana praktikum yang memadai. Ada beberapa kendala dalam melakukan praktikum real lab seperti keterbatasan waktu, bahaya reaksi kimia serta keterbatasan alat dan bahan praktikum. Oleh karena itu, solusi yang dapat diajukan yaitu dengan menerapkan metode praktikum virtual lab dengan bantuan perangkat komputer secara online agar dapat menunjang materi pelajaran dan siswa dapat mengembangkan keterampilan dasar melakukan eksperimen. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode praktikum virtual lab terhadap sikap ilmiah siswa, (2) Pengaruh metode praktikum virtual lab terhadap hasil belajar siswa, dan (3) Pengaruh metode praktikum virtual lab terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True eksperimental design atau eksperimental nyata. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Posttest only control design. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Nonprobability sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Subjek penelitian kelas XI IPA yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelas XI IPA B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 27 siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket sikap ilmiah dan soal test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-Test dan Uji MANOVA dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh praktikum virtual lab terhadap sikap ilmiah siswa, hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dengan nilai lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,003 < 0,05. (2) Ada pengaruh praktikum virtual lab terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dengan nilai lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,015 < 0,05. (3) Ada pengaruh praktikum virtual lab terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dengan nilai lebih kecil dari 0,05 yaitu nilai signifikasi sikap ilmiah 0,003 < 0,05 dan nilai signifikasi hasil belajar 0,015 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Anatomi Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208163049 FITROLIYANTI MILAYANA |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 02:39 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20686 |
Actions (login required)
View Item |