NUFIA IKA NUR FADILA, 12204173157 (2021) ANALISIS GESTUR MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DI MTs PSM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (340kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Gestur Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri di MTs PSM Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Nufia Ika Nur Fadila, NIM 12204173157, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Gestur, Pemecahan Masalah, Persegi dan Persegi Panjang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta dilapangan bahwa ketika siswa menyelesaikan soal matematika, terutama soal cerita siswa kesulitan dalam pengerjaannya. Pada proses penyelesaian masalah, siswa melakukan gerakan-gerakan tubuh (lengan dan tangan). Gerakan tubuh ini disebut dengan gestur. Gestur ini membantu siswa dalam menyelesaikan masalah, membantu dalam memberikan penjelasan kepada temannya mengenai penyelesaian soal, ataupun menggambarkan ide/topik yang sedang dibicarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gestur menunjuk, representasional, dan menulis serta tujuan dari masing-masing penggunaan gestur siswa yang muncul dalam proses menyelesaikan masalah geometri di MTs PSM Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi (rekaman audio-visual), wawancara, dokumentasi, dan tes (soal). Tes tertulis berupa tes pemecahan masalah diikuti oleh siswa kelas VII MTs PSM Rejotangan Tulungagung sebanyak 6 siswa yang dikelompok menjadi tiga kelompok berdasarkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tiga kelompok tersebut terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemmapuan sedang, dan dua siswa berkemampuan rendah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh gestur yang muncul selama proses pengerjaan soal sebanyak 91 gestur terdiri dari 28 gestur menunjuk, 12 gestur representasional, dan 51 gestur menulis. Gestur dilakukan siswa ditujukan untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain. Tujuan dari penggunaan gastur memfokuskan atau memusatkan perhatian pada objek yang dituju, menggambarkan objek yang sedang dipikirkan dan mengkonkretkan ide yang sedang dipikirkan dalam bentuk tulisan. Gestur yang ditujukan untuk dirinya sendiri atau orang lain, berfungsi untuk membantu dalam memudahkan menemukan penyelesaian dari soal, memudahkan pembicara dalam menjelaskan ide dan memudahkan pendengar dalam memahami pembicaraan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika > Geometri Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | SKRIPSI 12204173157 NUFIA IKA NUR FADILA |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 01:28 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20749 |
Actions (login required)
View Item |