FADILA FEBRIYANTI, 12205173160 (2021) CARA GURU MENGAJARKAN HAFALAN AL QURAN JUZ 30 DI MI TARBIYATUSSIBYN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (416kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (210kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (70kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Cara Guru Mengajarkan Hafalan Al Quran Juz 30 di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Fadila Febriyanti, NIM. 12205173160, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Tahun 2021 dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I Kata Kunci: Cara Guru Mengajarkan, Hafalan al Quran Cara guru mengajarkan hafalan al Quran juz 30 adalah untuk membentuk karakter religius pada siswa. Pembentukan karakter religious adalah usaha yang dilakukan secara sadar yang ditempuh untuk melakukan perubahan yang diinginkan, kemudian akan menghasilkan suatu kebaikan dan kesempurnaan dalam bertindak berdasarkan nilai-nilai ketuhanan atau ajaran agamanya. Pembentukan karakter religious perlu ditekankan dan dibentuk sejak dini agar siswa memiliki akhlak yang baik. Salah satu program yang unggul dalam penerapan pembentukan karakter religious adalah program hafalan al Quran juz 30. Maksud peneliti akan memastikan kebenaran yang terjadi di MI Tarbiyatussibyan terkait pembentukan karakter religius yang relevan melalui program unggulan hafalan al Quran juz 30. Oleh karena itu penelitian ini berlatang belakang masalah tersebut. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana cara guru mengajarkan hafalan al Quran juz 30 pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan? (2) Bagaimana cara guru mengajarkan hafalan al Quran juz 30 dalam rangka pembentukan karakter religius pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan cara guru mengajarkan hafalan al Quran juz 30 pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan, (2) Mendeskripsikan cara guru mengajarkan hafalan al Quran juz 30 dalam rangka pembentukan karakter religius pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa mempunyai kemampuan membaca al Quran dengan baik sebelum menghafalkannya. Program hafalan al Quran juz 30 sebagai pengembangan bakat dan minat. Proses menghafalkan menggunakan metode sorogan. Untuk menjaga hafalan siswa melakukan muraja’ah. Target hafalan dimulai dari surah al fatihah sampai surah an naba’. Setiap siswa pencapaian targetnya tidak sama dikarenakan kemampuan yang berbeda-beda. 2) Pembentukan karakter religius melalui program hafalan al Quran juz 30 diawali dengan pembiasaan. Melalui pembiasaan karakter religius siswa akan terbentuk. Karakter religius yang terbentuk adalah karakter istikamah, amanah, dan tablig. Karakter istikamah dibuktikan ketika siswa melakukan lalaran,menyetorkan hasil hafalannya, dan melakukan muraja’ah. Sedangkan karakter Amanah dibuktikan ketika siswa mampu menjaga hafalannya dengan cara rajin melakukan muraja’ah. Dan yang terakhir karakter tablig yaitu siswa mampu menyampaikan hafalannya dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Fadila Febriyanti |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 07:32 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20750 |
Actions (login required)
View Item |