STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

MOH. ABROR BIL A'LA, 12201173013 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta didik di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Abror Bil A’la, NIM. 12201173013, pembimbing Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I Kata kunci: Strategi Guru, Akhlakul Karimah Peningkatan akhlakul karimah yang terletak bagaimana caranya dengan menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Dalam meningkatkan akhlakul karimah dan membentuk pribadi yang baik, hal tersebut tidak lepas dari strategi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik. Guru merupakan salah seseorang yang bertanggung jawab dan berperan penting dalam meningkatkan perkembangan penddikan bagi peserta didiknya. Guru merupakan sesorang yang setiap hari menuntun para peserta didiknya dalam menggapai keberhasilan dalam program pendidikan dan meningkatkan akhlakul karimah terhadap peserta didik di MTsN 3 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi inji adalah (1) Bagaimana Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui kebiasaan membaca Al-Qur’an di MTsN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui kebiasaan Sholat Berjama’ah di MTsN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui kebiasaan menjalin kerukunan di MTsN 3 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui kebiasaan membaca Al-Qur’an di MTsN 3 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui kebiasaan shalat berjama’ah di MTsN 3 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui kebiasaan menjalin kerukunan di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan transgulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa; (1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui kebiasaan membaca Al-Qur’an di MTsN 3 Tulungagung bertujuan untuk agar peserta didik selalu mencintai Al-Qur’an, dapat membaca sesuai tajwid, dan tidak menyalah gunakan Al-Qur’an serta dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, karena satu huruf dalam Al-Qur’an selalu dikawal oleh para malaikat, maka kebiasaan ini dapat meningkatkan akhlakul karimah peserta didik. (2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui shalat berjama’ah di MTsN 3 Tulungagung ini bertujuan untuk peserta didik melaksanakan shalat berjama’ah karena shalat berjama’ah ini memepunyai pahala yang cukup besar yakni 27 derajat, dalam pelaksanaanya ini peserta didik perlu pendampingan dan bimbingan oleh para guru agar peserta didik bisa mendekatkan dan berkomunikasi kepada Allah SWT. Hal ini guru sangatlah dibutuhkan perannya dalam meningkatkan akhlakul karimah melalui kebiasaan shalat berjama’ah (3) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui kebiasaan menjalin kerukunan di MTsN 3 Tulungagung. Kerukunan ini dilakukan kepada guru dan peserta didik hal ini diterapkan agar peserta didik selalu memiliki sifat sopan santun kepada gurunya dan menghargai atau menghormati gurunya. Pada saat memberikan materi dikelas guru Guru memberikan materi dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik dan para guru selalu mengedapankan akhlakul karimah sebagai contoh dan teladan untuk peserta didik. Untuk akhlak pergaulan kepada peserta didik ini harus dijaga dengan hati-hati agar peserta didik tidak salah dalam pergaulan sehingga dapat menghadirkan sifat yang negatif, dan disini guru harus selalu mebimbing peserta didik dan harus mengarahkan yang baik agar peserta didik tidak menyalahi aturan. Hal ini dilakukan agar peserta didik dapat mengedepankan akhlakul karimah yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173013 MOH. ABROR BIL A'LA
Date Deposited: 16 Aug 2021 01:58
Last Modified: 16 Aug 2021 01:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20798

Actions (login required)

View Item View Item