EVI WIJAYANTI, 12201173149 (2021) PENERAPAN KEGIATAN UBUDIAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEPRIBADIAN PADA PESERTA DDIK DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penerapan Kegiatan Ubudiah dalam Penanaman Nilai-Nilai Kepribadian Peserta Didik di MTsN 2 Tulungagung’’, ini ditulis oleh Evi Wijayanti (12201173149) Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Dr. H. Zaini Fasya. S.Ag., M.Pd.I Kata kunci: Ubudiah, Nilai kepribadian Penelitian dalam skripsi dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di zaman yang modern ini banyak siswa yang menyimpang dari nilai-nilai moral yang ada di masyarakat. Banyak sekali pemberitaan mengenai siswa yang cenderung kepada hal-hal yang negatif. Salah satu perhatian madrasah dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan diadakannya kegiatan ubudiah berupa, pembelajaran kitab kuning Ta’lim Muta’allim, shalat berjama’ah, dan infaq amal jumat. Yang mana penerapan kegiatan ubudiah adalah suatu cara untuk membentuk pendidikan akhlak dan menanamkan nilai kepribadian peserta didik. Adapun yang menjadi fokus penelitian adalah (1) bagaimana penerapan pembelajaran kitab kuning Ta’lim Muta’allim dalam penanaman nilai-nilai kepribadian pada peserta didik di MTsN 2 Tulungagung? (2) bagaimana penerapan shalat berjama’ah dalam penanaman nilai-nilai kepribadian pada peserta didik di MTsN 2 Tulungagung? (3) bagaimana penerapan amal jumat dalam penanaman nilai-nilai kepribadian pada peserta didik di MTsN 2 Tulungagung? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi , wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, seluruh guru agama, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan tringaulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kitab kuning ta’lim muta’allim dalam penanaman nilai-nilai kepribadian pada peserta didik di MTsN 2 Tulungagung adalah (a) mengenai penerapan akhlak pribadi seorang murid dalam kitab kuning ta’lim muta’allim yang diterapkan di MTsN 2 Tulungagung yaitu guru membiasakan peserta didik untuk membagusi niat ketika belajar, membiasakan tidak adanya jam kosong. (b) penerapan akhlak murid kepada guru dalam kitab kuning ta’lim muta’allim, yang diterapkan di MTsN2 Tulungagung diantaranya yaitu mencari pendidik yang kenyang pengalaman ilmu agama dengan memilih guru agama yang alumni pondok pesantren, bersalaman kepada Bapak Ibu guru sebelum masuk kelas untuk melatih rasa tawadhu’, berbicara menggunakan bahasa yang sopan santun, meminta izin dan mengucap salam sebelum menemui guru. (c) penerapan akhlak murid ketika belajar dalam kitab kuning ta’lim muta’allim yang diterapkan di MTsN 2 Tulungagung diantaranya yaitu, mempelajari ilmu hal yang berkaitan dengan fiqih, tauhid, al- quran dan hadits, mencatathal-hal yang pentinf dari keterangan guru, tidak malu bertanya. (2) penerapan shalat berjama’ah dalam penanaman nilai-nilai kepribadian pada peserta didik di MTsN 2 Tulungagung adalah pelaksanaan penerapan shalat berjama’ah diMTsN 2 Tulungagung dimulai pada pagi hari 1dengan shalat dhuha berjama’ah. Setelah shalat dhuha berjama’ah selesai semua peserta didik masuk kelas memulai jam pelajaran yang pertama. Siangnya, shalat dzuhur berjama’ah yang diikuti oleh seluruh peserta didik dan semua guru. Sorenya, shalat ashar berjama’ah bagi kelas unggulan. Melalui kegiatan shalat berjama’ah seperti, shalat dhuha, shalat dzuhur dan shalat ashar ada beberapa nilai kepribadian yang muncul pada peserta didik seperti, tertib, religius, bertanggung jawab, toleransi, sabar, jujur. (3) penerapan amal jumat dala penanaman nilai-nilai kepribadian pada peserta didik di MTsN 2 Tulungagung adalah penerapan infaq amal jumat yang berada di MTsN 2 Tulungagung dilakukan setiap hari jumat. Kegiatan ini tidak diwajibkan oleh seluruh peserta didik melainkan berdasarkan kesuarelaan dan keikhlasan. Penerapan infaq amal jumat yang dilakukan di MTsN 2 Tulungagung menunjukkan adanya penanaman nilai-nilai kepribadian peserta didik yaitu, keikhlasan, sosial yang tinggi serta dapat menumbuhkan nilai kepribadian religius, dan nilai tanggung jawab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Akhirat Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd. 12201173149 Evi Wijayanti |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 02:28 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 02:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20847 |
Actions (login required)
View Item |