PEMBIASAAN INFAQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIOUS PESERTA DIDIK DI MAN 3 TULUNGAGUNG

CINDY KHUSNUL RACHMADANI, 12201173153 (2021) PEMBIASAAN INFAQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIOUS PESERTA DIDIK DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembiasaan Infaq dalam Membentuk Karakter Religious Peserta Didik di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Cindy Khusnul Rachmadani, NIM. 12201173153, dibimbing oleh Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata kunci : Pembiasaan, Infaq, Karakter religious Penelitian ini di latar belakangi oleh pembiasaan kegiatan infaq yang dilakukan oleh warga madrasah di MAN 3 Tulungagung. Dengan tujuan agar seluruh peserta didik memahami makna dan dampak yang dirasakan setelah adanya pembiasaan infaq ini. Berdasarkan pengamatan di MAN 3 Tulungagung dalam membentuk karakter religious dan sebagai implementasi ketaatan manusia kepada Tuhan dan kepedulian manusia dengan orang lain sebagai bentuk ibadah. Sehingga dapat ditarik garis benang merah bahwa dengan adanya pembiasaan ini dapat menjadikan insan manusia yang lebih baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) bagaimana perencanaan pembiasaan infaq dalam membentuk karakter religious peserta didik di MAN 3 Tulungagung. 2) bagaimana pelaksanaan pembiasaan infaq dalam membentuk karakter religious peserta didik di MAN 3 Tulungagung. 3) bagaimana evaluasi dari pembiasaan infaq dalam membentuk karakter religious peserta didik di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan, maka penelitian ini termasuk penelitian deskripsif, dalam arti data yang diperoleh berupa deskripsi kata-kata atau tertulis mengarah pada tujuan penelitian seperti tentang pada fokus penelitian yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Observasi partisipatif atau nonpartsipatif. 2) Wawancara kepada guru dan peserta didik. 3) Studi dokumenter atau dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari Pembiasaan infaq dalam membentuk karakter religious peserta didik di MAN 3 Tulungagung, bahwa, 1) langkah dalam perencanaan Pembiasaan infaq dalam membentuk karakter religious peserta didik di MAN 3 Tulungagung yakni dengan adanya usulan dari kepala madrasah dan disetujui oleh dewan guru. 2) Kepala Madrasah dan para guru mengkaji dan merundingkan bagaimana pelaksanaan dan evaluasi dari pembiasaan infaq ini, mulai dari aturan kapan pelaksanaannya, sasaran yang melaksanakan, alokasi dan evaluasi dari infaq. 3) Berinfaq membentuk karakter religious suatu anak dengan menumbuhkan sikap tolong menolong dan saling menghargai sesama teman. Dengan pola pembiasaan maka peserta didik akan selalu ringan dalam mengulurkan tanpa ataupun memberikan suatu bantuan kepada orang lain, yang mana di harapkan anak mampu mempunyai suatu kepribadian dan karakter yang religious dan sesuai dengan aturan norma yang berlaku di masyarakat maupun lingkungan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173153 CINDY KHUSNUL RACHMADANI
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:32
Last Modified: 18 Aug 2021 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20874

Actions (login required)

View Item View Item