MOCHAMMAD IQBAL JIHAN REZA, 12207173087 (2021) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTS BUSTANUL ULUM KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (183kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasrana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MTs Bustanul Ulum Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Mochammad Iqbal Jihan Reza, 12207173087, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Proses Pembelajaran, dan MTs Dalam meningkatkan proses pembelajaran terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah sarana dan prasarana pendidikan yang keberadaanya merupakan bagian terpenting dari sebuah lembaga pendidikan. Oleh karena itu, diharapkan kepada pihak lembaga madrasah untuk mengelola sarana dan prasarana yang dimiliki dengan baik, agar apat berjalan dengan efektif dan efisien. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Bustanul Ulum kanigoro Blitar. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana yang baik, maka sarana dan prasarana yang dimiliki dalam kondisi yang optimal dan siap digunakan. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta tercapailah tujuan dari pendidikan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Bustanul Ulum kanigoro Blitar? (2) Bagaimana pengorganisasian manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Bustanul Ulum kanigoro Blitar? (3) Bagaimana pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Bustanul Ulum kanigoro Blitar ? (4) Bagaimana pengawasan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Bustanul Ulum kanigoro Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data ada tiga tahapan yaitu yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara tekhnik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini dapat disimpulakan bahwa, (1) Perencanaan sarana dan prasarana melalui 3 tahapan, yaitu tahapan analisis kebutuhan sarana sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru mata pelajaran, pengadaan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan, dan pengelolaan sumber anggaran dana. (2) Pengorganisasian sarana dan prasarana dilakukan dengan dua tahapan yaitu pendistribusian barang sesuai dengan kebutuhan siswa dan penataan barang sesuai pada bidangnya. (3) Pada kegiatan pelaksanaan sarana dan prasarana terdapat empat kegiatan, yaitu kegiatan pemanfaatan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana, pengiventarisasian sarana dan prasarana, dan penghapusan sarana dan prasarana. (4) Pada kegiatan pengawasan sarana dan prasarana melibatkan seluruh pihak, karena sarana dan prasarana yang dimiliki merupakan tanggungjawab dan milik bersama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207173087 MOCHAMMAD IQBAL JIHAN REZA |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 06:41 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 06:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20884 |
Actions (login required)
View Item |