INDA ASRIATI, 12204173075 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN WATSON-GLASER CRITICAL THINKING APPRAISAL PADA MATERI MATRIKS SISWA KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (561kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal pada Materi Matriks Siswa Kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Inda Asriati 12204173075 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung dengan Pembimbing Dr. Maryono., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah kebiasaan yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran matematika yang memiliki kemampuan berpikir yang berbeda-beda. Khususnya kemampuan berpikir kritis yang diharapkan siswa mampu berinovasi sehingga dapat menghasilkan pengetahuan baru, gagasan baru/karya baru. Kemampuan berpikir kritis ini dapat diukur dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis tingkat tinggi, tingkat sedang, dan tingkat rendah siswa berdasarkan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dari 36 siswa menurut tingkat kemampuan akademik dan diambil 6 subjek untuk mengikuti tes dan wawancara yang terdiri dari masing-masing 2 subjek dengan kemampuan akademik tinggi, 2 subjek dengan kemampuan akademik sedang, dan 2 subjek dengan kemampuan akademik rendah. Metode yang digunakan yaitu tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis tingkat tinggi siswa berdasarkan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal pada materi matriks dapat mencapai kategori TBK 3 yaitu mampu memenuhi kelima indikator berpikir kritis. 2). Kemampuan berpikir kritis matematis tingkat sedang siswa berdasarkan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal pada materi matriks dapat mencapai kategori TBK 2 yaitu mampu memenuhi keempat indikator berpikir kritis. 3). Kemampuan berpikir kritis matematis tingkat rendah siswa berdasarkan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal pada materi matriks dapat mencapai kategori TBK 0 dan TBK 1. Pada TBK 0 siswa mampu memenuhi satu indikator sesuai atau tidak ada memenuhi indikator berpikir kritis, sedangkan pada TBK 1 siswa mampu memenuhi dua atau tiga indikator berpikir kritis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Asriati Inda |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 02:22 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 02:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20982 |
Actions (login required)
View Item |