LAILATUL MUNAFI'AH, 12208173135 (2021) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI MATERI SEL DI KABUPATEN JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (629kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Buku Teks Biologi SMA Kelas XI Materi Sel di Kabupaten Jombang” ini ditulis oleh Lailatul Munafi’ah, NIM. 12208173135 dengan dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S. Pd., M.M. Kata Kunci: Analisis Isi, Buku Teks Biologi, Keterampilan Proses Sains (KPS). Buku teks merupakan salah satu media pembelajaran yang memiliki kedudukan strategis dan ikut mempengaruhi mutu pendidikan, karena selain berfungsi sebagai sumber belajar juga dapat digunakan sebagai media belajar yang sangat penting untuk mencapai kompetensi dalam tujuan pembelajaran. Fakta yang ditemukan di lapangan buku teks jumlahnya cukup banyak dan menyebabkan banyak perbedaan antara satu buku dengan buku lainnya. Dalam hal ini persoalan seleksi buku teks yang digunakan menjadi sangat penting. Salah satu kriteria buku teks yang baik adalah buku teks yang dapat memfasilitasi keterampilan proses sains (KPS). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keberadaan KPS dalam buku teks Biologi SMA Kelas XI Materi Sel di Kabupaten Jombang dari segi konten. (2) Mendeskripsikan keberadaan KPS dalam buku teks Biologi SMA Kelas XI Materi Sel di Kabupaten Jombang dari segi kerja sains. (3) Mendeskripsikan keberadaan KPS dalam buku teks Biologi SMA Kelas XI Materi Sel di Kabupaten Jombang dari segi latihan soal. (4) Mendeskripsikan keberadaan KPS dalam buku teks Biologi SMA Kelas XI Materi Sel di Kabupaten Jombang secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai jenis buku teks biologi SMA kelas XI yang paling banyak digunakan di Kabupaten Jombang. Pedoman wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai informasi dari guru tentang materi biologi kelas XI yang dipandang perlu untuk diterapkan pendekatan KPS. Dokumentasi menggunakan instrumen berupa lembar observasi untuk melakukan analisis KPS pada buku teks biologi dari segi konten, kerja sains, latihan soal, dan secara keseluruhan. Buku teks yang dianalisis adalah buku teks yang paling banyak digunakan di SMA Negeri di Kabupaten Jombang (buku A) dan satu buku yang dipilih sebagai pembanding buku A terkait keberadaan KPSnya (buku B). Berdasarkan hasil analisis KPS yang dilakukan pada kedua buku dan menghitung persentase tingkat kesesuaian buku teks dengan KPS maka dapat diketahui kategori kesesuaian buku teks yang dianalisis terhadap KPS. Gambaran rincian mengenai keberadaan KPS dalam buku teks biologi kelas XI materi sel sebagai berikut: (1) Keberadaan aspek KPS dari segi konten pada buku A dan B memperoleh nilai persentase kesesuaian 40% dalam kategori sesuai. Buku A mengembangkan aspek observasi, klasifikasi, mengajukan pertanyaan dan mengomunikasikan. Buku B mengembangkan aspel observasi, klasifikasi, menerapkan konsep, dan mengomunikasikan. (2) Keberadaan aspek KPS dari segi kerja sains pada buku A dan B memperoleh nilai persentase kesesuaian 60% dalam kategori sesuai. Buku A dan buku B sama-sama mengembankan 6 aspek yang sama yaitu aspek observasi, klasifikasi, interpretasi, menggunakan alat/bahan, menerapkan konsep, dan mengomunikasikan. (3) Keberadaan aspek KPS dari segi latihan soal dari buku A memperoleh nilai persentase kesesuaian 30% dan buku B memperoleh nilai persentase kesesuaian 20%, keduanya termasuk dalam kategori tidak sesuai. Buku A mengembangkan aspek observasi, klasifikasi, dan prediksi, sedangkan buku B mengembangkan aspek observasi dan klasifikasi saja. (4) Secara keseluruhan kesesuaian aspek KPS pada Buku A adalah dalam kategori sangat sesuai dengan nilai persentase kesesuaian 80% dan buku B adalah sesuai dengan nilai persentase kesesuaian 60%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi > Sel Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Lailatul Munafi'ah |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 03:37 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20993 |
Actions (login required)
View Item |