SHINTA RAHMAWATI, 12402173028 (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK MADU KELANCENG DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK (Studi Kasus Peternakan Lebah Kelanceng “Azka Trigona” di Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Madu Kelanceng Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk (Studi Kasus Peternakan Lebah Kelanceng “Azka Trigona” di Kabupaten Blitar)” yang ditulis oleh Shinta Rahmawati, NIM 12402173028, pembimbing Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, MS.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan permintaan produk madu kelanceng dipasar. Dimasa pandemi saat ini masyarakat memilih untuk menggunakan madu sebagai salah satu peningkat imun alami. Di Kabupaten Blitar saat ini mulai banyak permunculan peternak lebah kelanceng salah satunya di Desa Jiwut. Tidak sedikit produk madu yang beredar di pasaran, untuk itu setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam memasarkan produknya. Strategi pemasaran menjadi fokus penelitian ini karena setiap perusahaan memiliki strategi masing-masing untuk memaksimalkan penjualan produk mereka. Ada berbagai macam strategi pemasaran yang dapat digunakan perusahaan salah satunya ialah bauran pemasaran. Dalam bauran pemasaran terdapat empat variabel yaitu produk, harga, promosi dan tempat. Perusahaan harus merencanakan strategi disesuaikan dengan kemampuan baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Usaha lebah dan kelanceng harus tetap memperhatikan beberapa faktor agar tetap berkembang dan memiliki keberlanssungan usaha yang stabil. Keberlangsungan usaha dipengaruhi lingkungan internal dan eksternal. Disaat lingkungan menunjukkan keadaan positif yang terjadi adalah keuntungan bagi usaha, namun ketika lingkungan berada dalam keadaan negatif akan menimbulkan ancaman dan gangguan. Penelitian ini mengangkat permasalahan strategi pemasaran dengan tujuan unutk mengetahui strategi pemasaan yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng pada Peternakan Lebah dan Kelanceng “Azka Trigona” di Kabupaten Blitar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran produk dalam meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng?, 2) Bagaimana strategi pemasaran harga dalam meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng?, 3)Bagaimana strategi pemasaran promosi dalam meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng?, 4)Bagaimana strategi pemasaran tempat dalam meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk yang diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng. 2) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran harga yang diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng. 3) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran promosi yang diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng. 4)Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran tempat yang diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan produk madu kelanceng. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode penelitian wawancara dilanjutkan observasi serta menggunakan teknik dokumentasi. Selanjutnya teknik teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, redksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Kesimpulan penelitian ini adalah Strategi pemasaran produk pada produk madu kelanceng dalam meningkatkan volume penjualan produk yaitu: mengutamakan kualitas produk, menjaga keaslian produk, menciptakan merek produk, menciptakan kemasan dan memberikan jaminan produk. 2) Strategi pemasaran harga pada produk madu kelanceng yaitu : metode berbasis permintaan, dimana penentuan harga disesuaikan dengan produk yang dipasarkan. Penentuan harga disesuaikan dengan kemasan produk mulai dari 100ml s.d 1 litter, untuk harga mulai dari Rp 65.000 s.d Rp 600.000. 3) Strategi pemasaran promosi pada produk madu kelanceng yaitu : pertama dengan melakukan personal selling (penjualan pribadi) secara langsung kepada konsumen. Kedua dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi produk. 4) Strategi pemasaran tempat pada produk madu kelanceng yaitu: pemilihan lokasi cukup Meskipun belum memiliki outlet khusus untuk penjualan, namun adanya reseller membantu meningkatkan penjualan sebagai solusi. Kata kunci: harga, produk, promosi, strategi pemasaran, tempat
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402173028 SHINTA RAHMAWATI |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 04:08 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21038 |
Actions (login required)
View Item |