ADZARI, IKA NURFI (2015) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA Di MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
cover luar.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
cover dalam.pdf Download (829kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (271kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (142kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (146kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, ini ditulis oleh Ika Nurfi Adzari dibimbing oleh Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi akhir-akhir ini kenakalan siswa semakin menarik perhatian. Permasalahannya semakin meningkat, bukan dalam frekuensinya tetapi yang lebih mengkhawatirkan adalah juga karena variasi intensitasnya. Kenakalan siswa merupakan masalah yang di rasakan sangatlah penting dan menarik untuk di bahas karena siswa merupakan bagian dari generasi muda sebagai aset nasional dan merupakan tumpuhan harapan bagi masa depan bangsa dan negara serta agama. Untuk mewujudkan semuanya dan demi kejayaan bangsa dan negara serta agama, maka sudah barang tentu menjadi kewajiban dan tugas bersama baik orang tua, pendidik (guru) dan pemerintah untuk mempersiapkan generasi muda menjadi generasi yang tangguh dan berwawasan atau berpengetahuan yang luas dengan jalan membimbing dan menjadikan mereka semua sehingga menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab secara moral. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana Bentuk-bentukKenakalanSiswa Di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? 2) Bagaimana Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? 3) Bagaimana Faktor Penghambat dan Solusi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Bentuk-bentukKenakalanSiswa Di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, Untuk Mengetahui Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung, Untuk Mengetahui Faktor Penghambat dan Solusi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat untuk pengembangan khazanah keilmuan, sebagai referensi atau rujukan, dan pustaka pada perpustakaan IAIN Tulungagung, sebagai masukan MTs Assyafi’iyah Gondang Peneliti ini secara praktis di harapkan berguna sebagai bahan masukan mengambil kebijakan dalam rangka mengantisipasi adanya kenakalan siswa, Bagi pembaca/peneliti untuk memberikan pemahaman kepada pembaca akan pentingnya upaya guru dalam pencegahan kenakalan siswa. Adapun upaya ini bertujuan untuk mencegah kebrobokan moral yang lagi melanda bangsa ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut(1) Pendekatan dan jenis penelitianPendekatan penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif.metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang dapat diamati.(2)Data dan sumber data, Narasumber (informan), Peristiwa atau aktivitas, Lokasi penelitian, Dokumen/arsip(3)Teknik pengumpulan data adalah Observasi Partisipan, Dokumentasi dan wawancara mendalam, (4) Teknik analisis data adalah Reduksi data,Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. (5) Untuk menguji Keabsahan data dilakukan kredibilitas, dependabilitas (ketergantungan) dan konfirmabilitas(Kepastian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang menjadi penyebab kenakalan siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang disebabkan karena adanya beberapa pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dan bentuk kenakalan siswa MTs Assyafi’iyah Gondang tergolong dalam kenakalan ringan yang tidak sampai melanggar hukum, sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak menggunakan upaya preventif, represif, kuratif dan rehabilitasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | IKA NURFI ADZARI |
Date Deposited: | 17 Nov 2015 03:39 |
Last Modified: | 17 Nov 2015 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2106 |
Actions (login required)
View Item |