IMPLEMENTASI KEISLAMAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SATU KARANGAN TRENGGALEK

LIA KURNIA SARI, 12201173292 (2021) IMPLEMENTASI KEISLAMAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SATU KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Implementasi Keislaman dalam Mengembangkan Karakter Sopan Santun Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Lia Kurnia Sari, NIM. 12201173292, pembimbing Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd. Kata kunci: Implementasi Keislaman dalam Mengembangkan Karakter Sopan Santun, Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh budaya sekolah yang berperan dalam mengembangkan karakter sopan santun pada peserta didik, dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah ini dengan implementasi yang digunakan oleh guru yang mengajarkan karakter sopan santun di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek. Oleh karena itu seorang pendidik memiliki peran penting dalam keberhasilan peserta didiknya, Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan implementasi budaya keislaman dalam mengembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan budaya keislaman dalam mengembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi implementasi budaya keislaman dalam mengembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi budaya keislaman dalam mengembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan budaya keislaman dalam mengembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek (3) untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi budaya keislaman dalam mengembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek. Skripsi ini bermanfaat bagi lembaga Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan, adanya penelitian ini diharapkan bisa jadi masukan atau motivasi yang dapat dijadikan wacana untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang pembiasaan berperilaku sopan santun terhadap akhlak siswa di sekolah tersebut. Bagi guru Pendidikan Agama Islam, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan dan informasi yang positif dalam meningkatkan akhlak siswa. Bagi peserta didik, penelitian ini diharapkan peserta didik lebih termotivasi dan terpadu untuk belajar jika mengetahui dampak atau pengaruh tentang pembiasaan berperilaku sopan santun terhadap akhlak mereka. Bagi peneliti, penelitian ini diharapkan bisa jadi pengalaman yang nantinya akan menjadi bekal pribadi sebagai calon pendidik atau guru dan dapat diterapkan ketika langsung terjun ke masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan implementasi keislaman dalam memgembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek adalah dengan melakukan rapat, alasan diadakan rapat supaya semua jelas tentang aturan di sekolahan tersebut yang sudah tercatat di tata tertib sekolah dan juga menerapkan beberapa budaya, salah satunya budaya 3S (Senyum, Sapa, dan Salam). Tujuannya supaya peserta didik mengetahui tata karma sikap dan bicara/bahasa. 2) Pelaksanaan keislaman dalam memgembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek adalah dengan melaksanakan budaya 3S (Senyum, Sapa, dan Salam), budaya membaca buku, dan budaya membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajaran dimulai. Tujuannya agar peserta didik menghargai orang yang kebih tua dalam tutur bahasa maupun sikap, da nada penilaian tersendiri tentang pendidikan berkarakter. Dalam pelaksanaan budaya tersebut peserta didik di berikan saksi, apabila tidak sesuai dengan tata tertib yang berlaku. 3) Evaluasi implementasi keislaman dalam memgembangkan karakter sopan santun peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Karangan Trenggalek adalah sebuah harapan atau perubahan khususnya bagi peserta didiknya, agar menjadi pribadi yang saling menghargai dan bertutur bahasa/sikap yang sesuai anturan Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173292 Lia Kurnia Sari
Date Deposited: 18 Aug 2021 07:22
Last Modified: 23 Aug 2021 05:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item View Item