ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM PADA BAKPIA EKA TULUNGAGUNG

NUR INDAH SARI, 12405173039 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM PADA BAKPIA EKA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Pada Bakpia Eka Tulungagung” ditulis oleh Nur Indah Sari, NIM 12405173039, yang dibimbing oleh Ahmad Budiman, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan antar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menarik minat konsumen terhadap produk sehingga dapat meningkatkan daya saing usahanya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran harus disusun secara tepat dan terarah guna meningkatkan keunggulan bersaing di suatu perusahaan. Suatu perusahaan harus mampu menciptakan strategi yang tepat sebagai prioritas utama pada usaha yang dijalankan agar tetap menjaga eksistensi perusahaan dan meningkatkan efektifitas kompetitif. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran Bakpia Eka Tulungagung dalam meningkatkan daya saing UMKM, (2) untuk mendeskripsikan faktor peluang dan ancaman dalam penerapan strategi pemasaran Bakpia Eka Tulungagung guna meningkatkan daya saing UMKM, (3) untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan strategi pemasaran Bakpia Eka Tulungagung dalam meningkatkan daya saing UMKM. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian deskriptif (descriptive research). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang digunakan UMKM Bakpia Eka Tulungagung adalah dengan melakukan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar, serta bauran pemasaran; (2) terdapat faktor peluang dan ancaman yang mempengaruhi strategi pemasaran pada UMKM Bakpia Eka Tulungagung; (3) jumlah produksi dan jumlah penjualan produk UMKM Bakpia Eka Tulungagung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, UMKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405173039 NUR INDAH SARI
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:32
Last Modified: 20 Aug 2021 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21138

Actions (login required)

View Item View Item