STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WHATSAPP GROUP DI MIN 1 TULUNGAGUNG

FINA RENITA, 12205173214 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WHATSAPP GROUP DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “StrategiٌGuruٌdalamٌMeningkatkanٌPembelajaranٌE- learningٌberbasisٌ WhatsAppٌGroupٌdiٌ MINٌ 1ٌ Tulungagung”ٌ ٌ ituٌ ditulisٌ olehٌ Finaٌ Renita, NIM 12205173214, pembimbing Prof. Dr. Sokip S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Guru, Meningkatkan Pembelajaran E-learning, WhatsApp Group Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena atau adanya wabah Covid-19 yang mengharuskan seluruh pendidikan di Indonesia harus melaksanakan pembelajaran e-learning. Hal ini tentu saja akan menjadi kendala para peserta didik dalam meningkatkan pembelajaran Fokus Penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana metode guru dalam meningkatkan pembelajaran e-learning berbasis WhatsApp Group di MIN 1 Tulungagung ? (2) bagaimana faktor penghambat dalam meningkatkan pembelajaran e-learning berbasis WhatsApp Group di MIN 1 Tulungagung ? (3) Bagaimana Solusi faktor penghambat dalam meningkatkan pembelajaran elearning berbasis WhatsApp Group di MIN 1 Tulungagung ? adapun yang menjadi tujuan umum penelitian yang dilakukan peneliti adalah mendeskripsikan metode guru dalam meningkatkan pembelajaran e-learning berbasis WhatsApp group di MIN 1 Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan yaitu: (1) metode guru dalam meningkatkan pembelajaran e-learning berbasis WhatsApp group di MIN 1 Tulungagung adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Groub guru juga menggunakan metode pembiasaan dan metode penugasan. Untuk menyukseskan guru dalam meningkatkan pembelajaran e-learning berbasis WhatsApp group, dari metode pembiasaan ada beberapa yang dapat ditingkatkan yang pertama, meningkatkan hafalan doa dan hadist mata pelajaran keagamaan, yang kedua meningkatkan kekrativitasan siswa seperti membuat karya-karya seni dan yang ketiga meningkatkan pembentukan perilaku keagamaan seperti melaksanakan sholat dhuha dan hafalan surat-suart pendek. Sedangkan yang metode penugasan ada 3 yang dapat ditingaktkan, yang pertama meningkatkan kemandirian belajar, kedua meningkatkan berfikir kritis dan yang ketiga meningkatkan hasil belajar. (2) faktor penghambat dalam meningkatkan pembelajaran e-learning berbasis WhatsApp Group di MIN 1 Tulungagung adalah sebagian peserta didik sulit mengoperasikan applikasi WhatsApp, gangguan sinyal, Memory Hp penuh, kurangnya interaksi antara guru dengan murid, peserta didik kurang serius dalam mengikuti pembelajaran e-learning. (3) solusi dari faktor penghambat dalam meningkatkan pembelajaran e-learning berbasis WhatsApp group yaitu, guru menyarankan orang tua selalu mendampingi anaknya waktu proses pembelajaran, siswa disarankan untuk turun gunung atau mengerjakan bersama temannya, menghapus foto-foto, video maupun file yang tidak digunakan, guru melaksanakan piket 1 minggu sekali untuk peserta didik dan wali murid berdiskusi mengenai masalah-masalah yang dialami dalam proses pembelajaran dirumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173214 FINA RENITA
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:12
Last Modified: 20 Aug 2021 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21141

Actions (login required)

View Item View Item