PENERAPAN SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIQu AL-BAHJAH 03 KARANGREJO TULUNGAGUNG

ELOK NAILIL MUNA, 2817133042 (2017) PENERAPAN SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIQu AL-BAHJAH 03 KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elok Nailil Muna, NIM 2817133042, 2009 “Penerapan Sistem Boarding School Untuk Meningkatkan Tahfidzul Qur’an di SDIQu AL-BAHJAH 03 Karangrejo Tulungagung” Skripsi, Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah , Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen Pembimbing: Musthofa, M.Pd. NIP. 196602012007011002 Kata Kunci: Sistem Boarding School, Tahfidzul Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya kemajuan yang sangat pesat pada lembaga pendidikan yang menggunakan sistem Boarding School, dan telah banyak sekali pengaruhya terhadap peningkatan tahfidzul Qur’an peserta didik. Sehingga dalam hal ini, lembaga pendidikan yang menggunakan metode tersebut mampu bersaing dengan lembaga sekolah lain. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan sistem boarding school dalam meningkatkan Tahfidzul Qur’an di SDIQu AL-BAHJAH03 Karangrejo Tulungagung 2. Bagaimana implikasi penerapan sistem boarding school terhadap kemampuan Tahfidzul Qur’an di SDIQu AL-BAHJAH 03 Karangrejo Tulungagung. Dari fokus penelitian tersebut di atas, maka peneliti rumuskan tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Untuk mendeskripsikan penerapan sistem Boarding School dalam meningkatkan Tahfidzul Qur’an di SDIQu AL-BAHJAH 03 Karangrejo Tulungagung. 2. Untuk mendeskripsikan sejauh mana implikasi penerapan sistem Boarding School terhadap kemampuan Tahfidzul Qur’an di SDIQu AL-BAHJAH 03 Karangrejo Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian di SDIQu AL-BAHJAH 03 Karangrejo Tulungagung, prosedur pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Tehnik analisis data adalah reduksi data sedangkan pengecekan keabsahan dengan menggunakan triangulasi dan pembahasan sejawat. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan menggunakan sistem boarding school hafalan siswa dapat lebih terawasi. (2) Boarding School dapat membuat hafalan siswa lebih terjaga karena adanya muraja’ah sehari dua kali. (3) Boarding School mempermudah siswa ketika setoran hafalan di sekolah Untuk itu penulis memberikan saran-saran yang membangun untuk IAIN Tulungagung, Kepala yayasan dan Kepala Madrasah SDIQu AL-BAHJAH, dewan asatidz dan santri, serta bagi peneliti yang lain, untuk lebih mengembangkan potensi yang ada dan meningkatkan sistem pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133042 ELOK NAILIL MUNA
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:24
Last Modified: 02 Nov 2021 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21173

Actions (login required)

View Item View Item