SAFA RIZKI AMALIA, 12204173220 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN SLIDESGO PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (963kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (685kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (31kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (176kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Slidesgo pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Safa Rizki Amalia, NIM. 12204173220, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Pendekatan Inkuiri, Slidesgo, Statistika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar yang memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa cenderung kurang aktif pada proses pembelajaran karena media pembelajaran kurang menarik serta tidak melibatkan siswa secara aktif terutama pada pembelajaran daring yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 saat ini. Maka dari itu peneliti berusaha membuat suatu inovasi melalui modul dengan konsep yang mudah dipahami dengan tampilan yang menarik agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran daring menjadi lebih interaktif. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berbantuan Slidesgo pada materi statistika yang valid di kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berbantuan Slidesgo pada materi statistika yang praktis kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berbantuan Slidesgo pada materi statistika yang efektif di kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model penelitian pengembangan Borg & Gall. Proses penelitian dilakukan di MTsN 1 Tulungagung dengan subjek penelitian 5 siswa kelas VIII-H sebagai skala kecil dan 31 siswa kelas VIII-E sebagai skala besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, dan soal posttest. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil dari analisis kevalidan dapat diketahui bahwa hasil validasi ahli materi sebesar 4,25. Hasil validasi ahli media sebesar 4,69. Hasil validasi soal posttest sebesar 4,65. Hasil validasi angket respon siswa sebesar 4,65. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berbantuan Slidesgo pada materi statistika telah valid sesuai dengan kriteria kevalidan. (2) Hasil dari analisis kepraktisan dapat diketahui bahwa hasil respon siswa pada skala kecil sebesar 78%. Sedangkan hasil respon siswa pada skala besar sebesar 82,32%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berbantuan Slidesgo pada materi statistika telah praktis sesuai dengan kriteria kepraktisan. (3) Hasil dari analisis keefektifan dapat diketahui bahwa hasil posttest pada skala kecil sebesar 78,4%. Sedangkan hasil posttest pada skala besar sebesar 77,42%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berbantuan Slidesgo pada materi statistika telah efektif sesuai dengan kriteria keefektifan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Matematika > Statistika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Safa Rizki Amalia |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 06:53 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21180 |
Actions (login required)
View Item |