UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PRAMUKA DI SMK NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK

FADILAH, NUR (2015) UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PRAMUKA DI SMK NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
ISI DALAM.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] Text
PEDOMAN INTERVIEW.pdf

Download (5kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Fadilah, 3211113143, 2015, Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing H.Zaini Pasya,S.Ag, M.Pd.I Kata kunci: Upaya Meningkatkan Mutu, Pendidikan Pramuka Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh masyarakat masih banyak yang kurang mengetahui dampak dari pendidikan pramuka yang juga dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam proses belajarnya di sekolah. Banyak yang beranggapan bahwa pendidikan pramuka hanyalah suatu ekstra yang menyita waktu dengan kegiatan tepuk dan nyanyi pramuka. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimanakah pendidikan Pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek?, 2). Bagaimanakah upaya pembina dalam meningkatkan mutu pendidikan Pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek?, 3). Bagaimanakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan Pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pendidikan Pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek, 2). Untuk mengetahui upaya pembina dalam meningkatkan mutu pendidikan Pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek, 3). Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan Pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Skripsi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan serta bahan pertimbangan bahwa kegiatan ektra kurikuler Gerakan Pramuka yang tidak hanya main-main, tepuk-tepuk dan nyanyi-nyanyi saja yang sebagaimana difikirkan oleh kebanyakan orang melainkan dengan Gerakan Pramuka siswa dapat meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan serta dokumentasi, dan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlihat dalam penelitian ini (informal) serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Hasil penelitian, 1) Pendidikan pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Merupakan Suatu proses kegiatan dimana materinya ada persamaan materi dengan pembentukan watak dan kepribadian siswa, adanya program kegiatan keagamaan, pembentukan kedisiplinan dan sopan santun, serta menjadi sarana pembinaan generasi muda, sehingga mutu pendidikan pramuka bisa menjadi lebih baik. 2) Upaya pembina dalam meningkatkan mutu pendidikan pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Upaya pembina yaitu dengan Pengamalan Kode Kehormatan sebagai ukuran atau standar tingkah laku seorang anggota pramuka karena didalamnya yang mencakup berbagai aspek yang diantaranya keagamaan, toleransi terhadap sesama, peduli terhadap lingkungan, jujur, dan budi pekerti yang baik dan Penggunaan Metode Kepramukaan yang didalam metode tersebut terdapat sistem among, pengamalan kode kehormatan, belajar sambil melakukan, sistem beregu/berkelompok, kegiatan di alam terbuka, sistem satuan terpisah dan sistem tanda kecakapan umum maupun kecakapan khusus. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan pramuka di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek yaitu faktor sekolah, faktor pendidik, faktor orang tua, faktor keuangan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor peserta didik, faktor sekolahan (status sekolahan) dan waktu yang terlalu singkat yang diberikan kepada sekolahan sehingga kurang maksimalnya penyampaian materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NUR FADILAH
Date Deposited: 04 Dec 2015 02:41
Last Modified: 04 Dec 2015 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item